View Single Post
Old 22nd February 2015, 08:49 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jakarta Kian Kusut, Ada Peran Bodetabek

Quote:
JAKARTA Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Bambang Susantono mengatakan bahwa pembangunan dan permasalahan Kota Jakarta tidak bisa dilepaskan dari wilayah Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Seperti diketahui, permasalahan yang klasik dalam pembangunan Ibu Kota adalah adanya banjir dan macet.

"Pagi-pagi orang ramai-ramai dari Bodetabek ke Jakarta dengan waktunya sama pagi dan sore untuk berangkat dan pulang kerja," ucap Bambang saat diskusi Ayo Membangun Jakarta, di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (21/2/2015).


Bambang menambahkan, terlebih lagi populasi jalanan di Jakarta saat ini sudah didominasi kendaraan pribadi seperti mobil yang sekira 51 persen, motor 24 persen, dan sisanya angkutan umum. Hal ini disebut sebagai fenomena konvergensi antara waktu, ruang, dan model yang terjadi bersamaan.

"Yang naik angkutan umum jumlahnya turun. Itu sudah satu kota, dengan jam yang sama, itu pasti macet karena pergerakan kita satu kota berduyun-duyun ke Jakarta," paparnya.

Bambang pun menyebut Jakarta akan menjadi Great Lock City yang sebagai kota kunci. Hal ini sudah bisa dilihat jika keadaan hujan.

"Itu pasti macet, enggak bisa ke mana-mana. Di mana ujung dan pangkalnya, untung ada teknologi seperti Waze dan Google Maps yang bisa diketahui lokasi macetnya," imbuhnya.



Bambang mengungkapkan, untuk mengatasi masalah kemacetan Jakarta ini bagaimana pembangunan ring road harus dipercepat. Selain itu, jalan di tengah kota harus steril dan tidak banyak kendaraan yang melintas.

"Enggak mungkin bisa menampung di jalanan Monas atau segitiga emas. Percuma bangun jalan tujuh lapis itu pasti macet," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links