View Single Post
Old 22nd February 2015, 08:54 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Trik Memiliki Rumah Sendiri dalam 2 Tahun

Quote:
NAMA saya Wisnu, umur 20 tahun. Saya bekerja sebagai karyawan swasta dengaan penghasilan kurang lebih Rp8 juta per bulan. Bagaimana cara mengatur keuangan saya agar dapat menabung untuk membeli rumah kurang lebih jangka waktu dua tahun. Selain itu, investasi yang cocok buat saya kira-kira apa?

Terima kasih.

Jawab:

Dear Mas Wisnu,

Sebelum membeli rumah dan menentukan investasi yang tepat untuk tujuan tersebut, tentu kita harus menentukan dahulu berapa perkiraan harga rumah yang ingin dibeli? Sebab, berbeda harga tentunya akan membuat strategi kita berbeda juga. Selain itu, kita harus mengetahui juga berapakah kemampuan dana kita saat ini.

Lho, apa hubungannya? Ya ada. Sebab untuk membeli rumah itu ada dua cara. Apakah dengan cara tunai ataukah kredit. Mau pilih cara yang mana pun, tentu kita harus memperhitungkan berapa tabungan ataupun dana yang tersedia saat ini. Nah, kekurangannya baru kita penuhi dengan cara terus menabung dan memilih instrumen investasi yang tepat. Jadi dari informasi yang Mas Wisnu sampaikan, sebenarnya akan lebih baik bila disampaikan juga jumlah dana ataupun tabungan yang dimiliki sekarang. Jadi, saya bisa memberikan saran dengan lebih akurat.

Anyway, kita bahas dari informasi dan data yang ada saja ya, dikombinasi dengan asumsi saya sebagai ilustrasi. Dengan penghasilan Mas Wisnu sebesar Rp8 juta per bulan, cobalah untuk menyisihkan penghasilan sebesar minimal 10 persennya untuk ditabung guna persiapan membeli rumah atau sebesar Rp800 ribu, atau kalau mau kita bulatkan menjadi Rp1 juta.

Dengan asumsi rumah yang akan Anda beli seharga Rp300 juta, dan asumsi dana yang dimiliki sebesar Rp20 juta, berarti untuk membeli rumah tersebut dengan cara cash maka ada kekurangan sebesar Rp280 juta. Kalau kekuatan menabung Anda sebesar Rp1 juta per bulan, berarti kita perlu 280 bulan alias lebih dari dua tahun untuk menggenapinya. Berarti untuk target dua tahun Anda bisa lewat.

Seandainya pembelian dengan cara kredit dibutuhkan uang muka 2030 persen dari harga tunai, maka Anda harus menyiapkan dana minimal Rp60 juta. Atau ada kekurangan Rp40 juta dari tabungan yang tersedia. Dengan asumsi Anda bisa menabung Rp1 juta per tahun, maka angka tersebut akan dapat terpenuhi dalam tempo dua tahun. Namun, akan menjadi repot bila pengembangnya minta uang mukanya 30 persen dari harga tunai, artinya masih ada kekurangan dan akan kita tutupi dari hasil pengembangan investasi yang akan dilakukan.

Dengan ilustrasi tersebut, Mas Wisnu berarti di awal harus memperhitungkan; pertama adalah berapakah harga rumah yang akan dibeli. Berikutnya yakni menghitung dana yang dimiliki saat ini. Bila targetnya untuk memiliki rumah adalah dua tahun di mana jangka waktu tersebut termasuk singkat, maka kita harus berhitung dengan lebih realistis. Pertama adalah bila dana saat ini belum mencukupi ataupun tabungan yang rutin kita sisihkan tiap bulannya tidak mengejar untuk pembayarannya, maka perbesar porsi dana yang Anda tabungkan.

Apalagi melihat usia Anda saat ini, maka godaan untuk membelanjakan uang untuk kesenangan bisa lebih besar. Maka itu, kita harus berdisiplin untuk menabung lebih banyak dan menepikan kesenangan kita lebih dahulu. Bila dari pekerjaan saat ini dirasa masih kurang besar untuk bisa menyisihkan uang, Anda harus berusaha caranya agar bisa mendapatkan income lebih besar lagi agar tujuan memiliki rumah dalam dua tahun dapat tercapai. Bisa itu dengan berganti pekerjaan ataupun memiliki pekerjaan sampingan.

Pilihan berikutnya bila kekuatan menabung Anda sudah maksimal adalah dengan memperpanjang waktu menabung Anda. Hal ini kita perlukan tentunya agar dana yang dibutuhkan nantinya untuk membeli rumah, baik itu secara tunai maupun kredit dapat tersedia pada waktunya.

Lalu dalam memilih instrumen investasi yang cocok dengan tujuan Anda, karena waktunya juga tidak terlalu lama, maka Anda bisa memilih untuk berinvestasi pada reksadana yang berbasis fixed income ataupun dalam bentuk logam mulia.

Salam,

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links