View Single Post
Old 22nd February 2015, 09:53 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Sutet Rubuh, PLN Bangun Tower Darurat di Atas Rawa

Sutet Rubuh, PLN Bangun Tower Darurat di Atas Rawa
http://economy.okezone.com/read/2015...t-di-atas-rawa

Quote:
JAKARTA - PT PLN (Persero) mengaku terus mempercepat pembangunan tower darurat, menyusul robohnya tiga tower transmisi 275 kilo volt (kv) yang mengalirkan listrik dari PLTU Pangkalan Susu Sumatera Utara ke gardu induk (GI) Binjai.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, pembangunan tower tersebut ditujukan agar listrik yang diproduksi di PLTU Pangkalan Susu bisa segera dialirkan ke sub sistem kelistrikan Sumatera Bagian Utara (SBU) dan memperkuat pasokan listrik ke Sumut.

"Jika pekerjaan lancar maka tower darurat akan beroperasi mulai Minggu (22/2) dan listrik dari PLTU Pangkalan Susu bisa dialirkan ke GI Binjai," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu (22/2/2015).

Bambang menuturkan, kondisi lokasi tower darurat dibangun di atas rawa, pekerjaan ini sangat tergantung pada transportasi sampan untuk mengangkut peralatan dan material emergency recovery system (ERS).

"Karena menggunakan sampan maka pekerjaan tergantung juga pada kondisi air rawa," tambahnya.

Menurut Bambang, saat ini ada tim yang sedang mengurai konduktor yang tertimpa tower 213 yang roboh, adapun, tim lain juga mengurai konduktor yang tertimpa tower 215. Satu tim lagi sedang melakukan pabrikasi travers GSW untuk Tower 217 yang patah.

"Sementara pekerjaan penggantian tower permanen diperkirakan memakan waktu dua bulan," tukas dia.

Seperti diketahui, pada Selasa 17 Februari 2015, operasional PLTU Pangkalan Susu terganggu karena robohnya tiga tower transmisi listrik yang mengalirkan listrik dari PLTU ke sub sistem Sumatera Bagian Utara. Robohnya tiga tower ini akibat member tower (main bracing) hilang yang menyebabkan kekuatan struktur tower menjadi labil dan akhirnya roboh terkena angin. Diduga perusak tower oleh orang tidak dikenal sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

(rzy)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links