View Single Post
Old 23rd February 2015, 08:56 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mengatasi Jeratan Utang Kartu Kredit

Quote:
JAKARTA - Penggunaan kartu kredit bisa menjadi boomerang jika tidak digunakan dengan bijak. Biasanya kartu kredit diperuntukkan untuk memudahkan pembayaran. Namun hati-hati jika kebablasan sebagai tempat berutang, dan berujung pada jeratan utang.

Alhasil gaya hidup para pengguna kartu kredit terbiasa untuk berutang. Tak sedikit kasus dari pengguna kartu kredit yang terjerat lilitan utang, karena tidak mempunyai kemampuan untuk membayar utang.

Perencana Keuangan Freddy Pieloor mempunyai tips agar keluar dari lilitan utang kartu kredit. Pertama, buat pernyataan resmi kepada pihak bank bahwasanya sudah tidak mampu membayar.

"Nanti pihak bank memberikan solusi, seperti bank tidak memberikan bunga cicilan, atau solusi lain. Tapi biasanya orang susah untuk mengaku bahwa dirinya bangkrut," ujarnya kepada Okezone, Senin (23/2/2015).

Kedua, lanjut Freddy, coba untuk melihat barang-barang pribadi yang sekiranya bisa dijual untuk membayar utang tersebut.

"Misalnya ada kendaraan atau perhiasan yang bisa dijual. Atau mungkin bisa dilakukan keduanya, sambil membuat pengakuan kepada bank dan jual barang. Biar lebih ringan bebannya," tukasnya.

Kemudian, bisa mencari bantuan juga kepada perusahaan tempat bekerja dengan menyertakan jaminan bisa dalam bentuk surat tanah, surat kendaraan ataupun surat berharga lainnya.

Meskipun begitu, Freddy menegaskan, langkah tersebut juga harus dibarengi dengan penutupan kartu kredit tersebut. Dirinya mengimbau untuk tidak membuat kartu kredit lainnya hingga utangnya lunas.

"Kalau bisa kartu kreditnya langsung digunting, sebagai bentuk bukti pertanggungjawaban juga kepada pihak yang dimintai bantuan. Kalau ada tunggakan lebih dari satu, lunasi yang bunganya paling tinggi dulu. Utang bank yang satu juga harus diberitahukan ke bank yang lainnya agar tahu beban kita," tutur Freddy.

Terakhir, jika ingin tetap menggunakan kartu kredit setelah keluar dari jeratan utang, ada baiknya untuk lebih mawas diri dan konsisten. Freddy menyarankan untuk mengambil kartu kredit dengan limit yang paling kecil. Kemudian pergunakan sesuai dengan kebutuhan belanja sehari-hari.

Ketika berbelanja, pastikan kita mempunyai cukup uang untuk membayar tagihan tersebut. Ketika tagihan bulanan datang agar bisa langsung dilunasi.

"Ini masalah pola pikir bagaimana dia bisa mendisiplinkan sendiri untuk tetap teguh dari ketetapan yang sudah dibuat sebelumnya. Bukan lihai untuk mengatur keuangan, ini soal komitmen," tutup Freddy.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links