View Single Post
Old 24th February 2015, 11:19 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Rumah Edukasi TKI, Wujud Kepedulian Negara

INDRAMAYU - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise meresmikan Rumah Edukasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Senin (23/2/2015).

Pendirian Rumah Edukasi TKI ini merupakan salah satu program Kementerian PPPA terkait pembinaan keluarga penyumbang devisa negara tersebut sesuai Permen PPPA Nomor 20 Tahun 2010 tentang Panduan Umum Bina Keluarga TKI.

"KPPPA telah mengembangkan BK-TKI di 26 kabupaten kantong TKI dari 10 provinsi, termasuk Indramayu yang merupakan daerah pengirim TKI terbesar di Indonesia," ungkap Yohana.

Rumah Edukasi TKI dilengkapi fasilitas perpustakaan, pendidikan bahasa asing, komputer beserta internet, pojok wirausaha, serta pojok silaturahmi. Pendirian Rumah Edukasi TKI juga mendapat apresiasi dari Kementerian Sosial, Kementerian Koperasi dan UKM, BKKBN, BNP2TKI, serta OJK.

"Upaya ini harus juga didukung oleh seluruh masyarakat dan dunia usaha," terangnya.

Lebih jauh Yohana menjelaskan, tujuan lain didirikannya Rumah Edukasi TKI adalah menyediakan sarana pendidikan dalam upaya perlindungan serta pemberdayaan TKI dan keluarganya. Selain itu, rumah ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas TKI dan keluarga melalui pelatihan bahasa serta kewirausahaan agar siap ditempatkan di negara tujuan, kemudian dapat memanfaatkan hasil remitansi yang diperoleh untuk kegiatan yang produktif.

"Melalui Rumah Edukasi TKI, kami juga ingin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ketahanan keluarga dan pemenuhan hak anak, terutama anak-anak TKI, serta membentuk forum anak TKI," pungkasnya.


http://news.okezone.com/read/2015/02...edulian-negara
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links