View Single Post
Old 24th February 2015, 07:23 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Beras Rp10 Ribu/Liter, Jokowi Akan Blusukan ke Gudang Bulog

Beras Rp10 Ribu/Liter, Jokowi Akan Blusukan ke Gudang Bulog
http://economy.okezone.com/read/2015...e-gudang-bulog

Quote:
JAKARTA - Harga beras di wilayah Jakarta melambung tinggi hingga Rp10.000 per liter. Sebelumnya, harga beras Bulog ini hanya dibanderol Rp7.400-Rp8.000 per liter.

Melihat kondisi tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memantau kondisi beras di lapangan.

"Meninjau ke gudang Bulog. Besok akan dikasih tahu," ucap Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofyan Djalil di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/2/2015). Jokowi kata Sofyan melakukan peninjauan ke gudang Bulog ingin mengetahui penyaluran beras untuk mengambil keputusan, termasuk rencana penambahan 300 ribu ton raskin dan beras operasi pasar.

"Jadi masyarakat jangan khawatir. Pemerintah gelontorkan sebanyak mungkin yang dibutuhkan, sehingga kebutuhan di pasar terpenuhi," jelasnya.

Menurut Sofyan, pasokan beras ini pun akan dibantu dengan sudah masuknya musim panen, walaupun belum panen raya. Musim panen raya diperkirakan akan terjadi pada bulan April 2015.

"Sekarang masih ada cadangan di Bulog 1,4 juta ton. Pemerintah akan lepaskan berapa yang dibutuhkan agar harga beras stabil," tegasnya.

Dirinya mengaku tidak mengetahui, naiknya harga beras yang terjadi beberapa hari ini karena ulah spekulan. Namun, Sofyan menegaskan, hal yang terpenting saat ini adalah menjamin dan menjaga posisi suplai dan demand agar tetap terjaga.

"Spekulan akan rugi kalau pertahankan beras kalau pemerintah suplai beras. Mereka berpikir pemerintah tak akan serius suplai beras. Tapi kalau suplai sekarang cadangan 1,4 juta ton kalau perlu keluarkan sebanyak mungkin. April akan dapat dari panen raya lagi. Kalau perlu cari jalan lain untuk dapatkan cukup stok," tukasnya.

(rzk)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links