View Single Post
Old 24th February 2015, 07:24 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Smelter Freeport Akan Berdiri di Paumako

Smelter Freeport Akan Berdiri di Paumako
http://economy.okezone.com/read/2015...iri-di-paumako


Quote:
TIMIKA - Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua menyiapkan lahan seluas 2.880 ha di kawasan Paumako, Distrik Mimika Timur sebagai lokasi pabrik pemurnian atau smelter PT Freeport Indonesia.
Bupati Mimika Eltinus Omaleng di Timika, Selasa mengatakan, kawasan Paumako strategis sebagai lokasi smelter karena berdekatan dengan pelabuhan dan sudah tersedia akses jalan raya. Dia mengatakan, jika tak ada kendala, maka smelter sudah harus dibangun mulai 2015, sehingga rampung pada 2017.

Dalam rangka itu, Bupati Omaleng akan mendampingi Gubernur Papua Lukas Enembe melakukan lawatan ke luar negeri terutama ke Tiongkok guna menjalin kerja sama investasi dengan sejumlah pengusaha di negeri tirai bambu itu. "Kalau soal lokasi ini sudah rampung, maka kami akan berangkat untuk menemui para investor," jelasnya di Papua, Selasa (24/2/2015).

Menurutnya, pemerintah dan Freeport Indonesia sudah menyepakati rencana pembangunan smelter di Papua. Kesepakatan itu dicapai setelah Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan ke Papua pada Sabtu-Minggu pekan lalu.

Dalam peninjauan itu, Sudirman melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak pemangku kepentingan seperti DPR, Gubernur Papua Lukas Enembe, Majelis Rakyat Papua, DPR Papua, Bupati Mimika Eltinus Omaleng serta sejumlah bupati kabupaten tetangga dan Presiden Direktur Freeport Indonesia Maroef Sjamsuddin.

Usai pertemuan, Sudirman mengatakan pembangunan smelter di Papua itu menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan pemurnian nasional. "Yang kita bangun adalah kapasitas nasional, sehingga akan segera dibentuk tim penelaahan secara nasional," jelasnya saat membacakan hasil kesepakatan tersebut.

Dia menegaskan, smelter di Papua merupakan bagian dari pembangunan kawasan industri yang sedang dipersiapkan Pemprov Papua dan Pemkab Mimika. Selain smelter, juga dibangun industri hilir dan pendukung lainnya seperti pupuk dan semen. Menurut Sudirman, hingga kini Pemprov Papua sedang mempersiapkan industri pengepakan semen di Paumako.

Ke depan, industri tersebut akan dikembangkan menjadi pabrik semen yang dibutuhkan untuk menunjang pembangunan infrastruktur. Dalam rangka pembangunan smelter dan kawasan industri tersebut, Kemenpupr akan memberi dukungan sepenuhnya untuk mencocokkan dengan rencana tata ruang nasional.

Adapun Pemprov Papua dan Pemkab Mimika akan segera menyiapkan tim kerja untuk mengelola kawasan industri yang akan dibangun di Timika.

Tim inilah yang nantinya akan mengontrol siapa saja investor yang akan terlibat kegiatan investasi di kawasan industri di Timika tersebut yang akan menjadi mitra Freeport termasuk dalam hal pembangunan smelter dan pabrik semen.

Sudirman berpesan harus ada kaum profesional yang akan bekerja secara penuh untuk menyeleksi mitra-mitra yang layak.

"Tanah Papua harus menjadi tanah yang dikelola dengan baik. Hanya pemain-pemain yang memiliki kemampuan yang akan kita berikan kesempatan untuk terlibat dalam pembangunan di Papua," katanya.

Sedangkan, Kementerian ESDM bertugas segera membentuk tim penelaahan kapasitas nasional di bidang smelter. Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Sukhyar akan mengkaji seluruh kapasitas nasional smelter.

"Dalam dua hingga tiga tahun ke depan smelter-smelter yang kita bangun harus sudah mulai berproduksi. Kita tidak menginginkan adanya 'over' maupun kekurangan kapasitas," harapnya.

(mrt)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links