View Single Post
Old 25th February 2015, 07:58 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Bulog Siapkan Operasi Pasar di Malang

Bulog Siapkan Operasi Pasar di Malang
http://bisnis.liputan6.com/read/2181...asar-di-malang

Quote:
Liputan6.com, Malang - Bulog Sub Divre Malang, Jawa Timur bakal menggelar operasi pasar dalam beberapa hari ke depan. Hal itu dilakukan untuk menekan harga beras yang terus melonjak sejak beberapa minggu terakhir ini.

"Sekarang masih berkoordinasi dengan pemerintah daerah di wilayah kerja kami. Februari ini ditarget operasi pasar direalisasikan," kata Kepala Pelayanan Publik Bulog Sub Divre Malang, Erwin Pratomo, Rabu (25/2/2015).

Wilayah kerja Bulog Malang meliputi lima pemerintah daerah yakni Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Malang, Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan. Operasi pasar akan dilakukan di daerah tersebut dan baru dihentikan jika harga beras kembali stabil.

"Sekarang tinggal koordinasi dengan pemerintah daerah untuk menentukan titik operasi pasar hingga waktu pelaksanaannya. Nanti kalau harga sudah stabil operasi pasar dihentikan," ujar Erwin.

Sejauh ini stok beras di gudang Bulog Malang mencapai 30.500 ton. Stok itu mencukupi sampai Juli depan. Termasuk untuk kebutuhan distribusi beras bagi keluarga miskin (raskin) yang setiap bulannya sebanyak 5.000 ton bagi rumah tangga sasaran (RTS) di lima daerah wilayah kerja Bulog Malang.

Distribusi raskin di kelima daerah itu sejauh ini baru terealisasi untuk 16.990 RTS di Kota Malang untuk periode Januari lalu. Sedangkan untuk daerah lainnya masih menunggu pembaharuan data terakhir RTS penerima raskin.

"Raskin untuk Kota Malang sudah kita distribusikan. Untuk daerah lainnya menunggu validasi data RTS," ucap Erwin.

Target pengadaan beras oleh Bulog Malang pada 2015 ini sebanyak 70.000 ton. Namun sejak November 2014 hingga Februari 2015 ini serapan beras dari mitra Bulog masih nihil. Penyebabnya, banyak petani gagal panen akibat cuaca buruk.

Selain itu, Bulog Malang juga menunggu revisi harga pembelian pemerintah (HPP) yang saat ini ditetapkan sebesar Rp 6.600 per Kg. Sehingga saat pengadaan nantinya sudah ada HPP terbaru. (Zainul Arifin/Gdn)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links