View Single Post
Old 31st July 2012, 01:06 PM   #1
Sek Des
 
BudakBandel's Avatar
 
Join Date: 23 Jul 2012
Userid: 51
Location: Forumku.com
Posts: 267
Real Name: Rizal
Likes: 2
Liked 16 Times in 10 Posts
Default Pagoda Avalokitesvara (Semarang)

Quote:
Quote:
Bagi JJH-lover yang ingin melihat Pagoda, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena di Semarang kita dapat melihat bangunan tersebut. Berada di dalam kawasan vihara Buddhagaya Watugong, Jalan Perintis Kemerdekaan Semarang, di depan Kodam IV Diponegoro. Kalau perjalanan dari Yogyakarta ke Semarang kita akan melewati tempat ini.
Memasuki kawasan ini dan makin mendekat ke pagoda Avalokitesvara (aduh susah juga ya menyebut namanya), kita akan lupa kalau berada di Indonesia. Bangunan yang mulai didirikan pada tahun 2005 ini memiliki desain arsitektur yang indah, dengan berbagai ornamen yang bahkan didatangkan dari China.
Quote:
Spoiler
Quote:
Pagoda ini terdiri dari 7 tingkat berbentuk segi delapan dengan ukuran 15 x 15 (merupakan pagoda tertinggi di Indonesia), yang memiliki makna bahwa seorang pertapa akan mencapai kesucian dalam tingkat ketujuh. Tidak terdapat tangga untuk ke atas pagoda, jadi kita hanya dapat melihat bangunan dari bawah saja. Di dalam pagoda terdapat patung Bodhisattva Avalokiteswara atau yang lebih dikenal dengan dewi Kwan Im atau dewi Welas Asih, sedangkan di luar pagoda mulai tingkat kedua hingga keenam dipasang patung Dewi Kwan Im lebih kecil yang menghadap empat penjuru angin. Di seputar pagoda pun banyak terdapat patung dewi Kwan Im, sehingga tempat ini sering disebut orang pagoda Kwan Im.
Spoiler


Spoiler


Spoiler


Spoiler


Sumber
Likes:(1)
BudakBandel is offline   Reply With Quote
Sponsored Links