View Single Post
Old 27th February 2015, 12:35 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ridwan Kamil Bertemu Jokowi, Ini Kesiapan Bandung Jadi Next Silicon Valley

Jakarta - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil datang menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Ridwan melaporkan kesiapan kawasan Gedebage menjadi next Silicon Valley.

‎"Ada kota baru sehingga ekonomi dunia yang namanya teknologi seperti Google, Microsoft itu, kantornya, risetnya itu di Bandung. Nanti didesain akan futuristik lah," papar Ridwan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/2/2015).

‎Sebuah lahan seluas 800 hektar sudah disiapkan di kawasan itu. Nantinya perusahaan-perusahaan IT ternama, mulai dari Twitter, RIM, Facebook hingga Kaskus bisa berkantor dan melakukan riset di tempat itu. Termasuk riset ITB juga akan didorong pindah seluruhnya di kawasan tersebut.

"Jadi yang kayak Kaskus akan ketemu teman-temannya di situ. Jadi yang punya ide kayak Facebook, Twitter akan ketemu investor, yang nongkrongnya, kantornya di kawasan itu," lanjut pria yang biasa disapa Emil ini.

‎Menurut Emil, sudah banyak perusahaan-perusahaan yang akan masuk di kawasan itu. Namun Emil memilih menunggu menyebut nama sebelum Jokowi menggelar groundbreaking pada April mendatang.

"Kami berharap pada Peringatan Konferensi Asia-Afrika 24 April hari Jumat, ada launching Bandung Technopolis," kata Emil sambil menjelaskan perlu Rp 80-100 triliun untuk 10 tahun pembangunan.

Dia berharap pemerintah pusat bisa membantu dalam hal infrastruktur. Mulai dari listrik hingga jalanan.

Indonesia sendiri, lanjut Emil, sebenarnya sudah jauh tertinggal dari negara tetangga. Malaysia, Singapura, Hong Kong hingga Tiongkok sudah lebih dulu punya konsep seperti ini.

Investor juga sudah mulai mengantre untuk menggarap kota Gedebage. Negara seperti AS, Jepang hingga Timur Tengah tertarik karena melihat potensi pasar dan SDM yang dimiliki Indonesia.

‎Emil meyakini masyarakat Gedebage akan mendapat keuntungan luar biasa dari keberadaan ini. Salah satunya adalah melejitnya nilai properti.

‎"So Bandung will be the first, and Bandung is ready‎," tandasnya.


http://news.detik.com/read/2015/02/2...ilicon-valley-
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links