View Single Post
Old 27th February 2015, 03:08 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Terhambat Pembebasan Lahan, Tol Pandaan-Malang Tuntas 2017

TEMPO.CO, Malang - Pembangunan jalan tol Pandaan-Malang terhambat pembebasan lahan. Pemerintah Jawa Timur meminta agar pemerintah daerah yang dilalui proyek membantu mempercepat pembebasan lahan.

"Mohon Bupati dan Wali Kota membantu pembebasan lahan untuk proyek jalan tol," kata Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf di Malang, Jumat 27 Februari 2015. Pembangunan tol itu ditargetkan rampung pada 2017.

Proyek jalan tol Pandaan-Malang sepanjang 38,5 kilometer membutuhkan lahan seluas 364 hektare. Membentang darii Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Malang hingga Kota Malang. Proyek melintasi 33 Desa dan Kelurahan di tujuh kecamatan. Di Kota Malang, proyek jalan tol melintasi Kelurahan Cemorokandang dan Madyopuro. Terdiri dari 239 bidang seluas 26,5 hektare. Rinciannya 153 bidang di Madyopuro dan 87 bidang di Cemorokandang.

Jalan tol ini memudahkan angkutan barang dan jasa yang menghubungkan Surabaya dengan Pasuruan dan Malang. Jalan tol Gempol-Pandaan dibangun dalam dua tahap. Tahap pertama Gempol-Tamandayu sepanjang 12,6 kilometer dan Pandaan-Karangjati sepanjang 1,5 kilometer.

Selain lahan milik pribadi, sebagian lahan yang dilintasi tol itu juga aset milik Pemerintah Kabupaten dan Kota setempat. Sehingga pembebasannya panjang karena dibutuhkan proses yang lama untuk pelepasan atau penghapusan aset. Namun diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu satu tahun.

Pemerintah membeli tanah hingga 400 persen dari harga pasaran maupun nilai jual obyek pajak. Tanah pekarangan di Kelurahan Cemoro Kandang Kecamatan Kedungkandang Kota, misalnya, dari semula Rp 100 ribu per meter persegi dibeli seharga Rp 800 ribu. Sedangkan tanah di tepi jalan seharga Rp 1 juta dilepas seharga Rp 2,5 juta per meter persegi.

"Warga langsung melepas tanah yang dijadikan proyek jalan tol," kata Camat Kedungkandang, Pent Haryanto. Penentuan harga tanah, katanya, ditentukan tim penilai penaksir independen. Transaksi dan pembayaran ganti rugi akan dilakukan langsung terhadap pemilik tanah. Setiap pemilik tanah akan ditransfer langsung ke rekening pribadi.

"Bagi pemilik tanah yang belum memiliki rekening bank, harus mendaftar ke bank dulu." Harga tanah, katanya, di luar bangunan atau tanaman milik warga. Sehingga jika dalam bidang tanah yang akan digunakan membangun jalan tol terdapat tanaman atau bangunan akan dinilai tersendiri. Sehingga ganti rugi setiap pemilik lahan bakal berbeda.

Jalan tol Pandaan-Malang merupakan paket jalan Tol Surabaya yang mengubungkan daerah selatan Jawa Timur. Meliputi relokasi jalan tol Porong-Gempol sejauh 11,5 kilometer yang mulai dikerjakan Juni 2012, jalan tol Gempol-Pandaan sepanjang 13,15 kilometer, Gempol-Pasuruan 34,15 kilometer dan Pandaan-Malang.

Sementara jalan tol Gempol-Pandaan mulai dikerjakan pembangunan sejak April 2012. Dibangun oleh PT Margabumi Adhikaraya, sebuah perusahaan patungan PT Jasa Marga PT Transmarga Jatim Pasuruan. Mayoritas saham dikuasasi PT Jasa Marga. Jalan tol sepanjang 13,5 kilometer ini menelan anggaran hingga Rp 1,2 triliun. Dana berasal dari modal sendiri dan pinjaman Bank Panin.


http://www.tempo.co/read/news/2015/0...ng-Tuntas-2017
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links