View Single Post
Old 28th February 2015, 07:26 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Tarif Kereta Jabodetabek Dihitung dari Jarak Bukan Stasiun

Tarif Kereta Jabodetabek Dihitung dari Jarak Bukan Stasiun
http://www.tribunnews.com/bisnis/201...-bukan-stasiun


Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dengan adanya Peraturan Menteri Perhubungan No.17 tahun 2015, tarif tiket kereta api Jabodetabek dihitung sesuai dengan jarak. Aturan baru tersebut merupakan revisi dari Peraturan Menteri Perhubungan No. 69 tahun 2014 tentang Pedoman Perhitungan dan Penetapan Tarif Angkutan Orang Dengan Kereta Api.
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Hanggoro Budi Wiryawan memaparkan sebelumnya tarif dihitung sesuai dengan jumlah stasiun yakni lima stasiun pertama, lalu tiga stasiun berikutnya dengan kelipatan. Mulai 1 April mendatang skema penghitungan kembali seperti dahulu yakni per jarak tempuh dari stasiun keberangkatan ke stasiun tujuan.
"Jarak semakin jauh semakin mahal," ujar Hanggoro di kantor Kementerian Perhubungan, Jumat (27/2/2015).
Hanggoro memberi contoh jarak Jakarta ke Bogor melewati 26 stasiun, maka penumpang paling maksimal membayar Rp 5000. Tarif tersebut sudah disubsidi oleh pemerintah.
"Tidak lagi hitung 26 stasiun, kita pakai format lama," ungkap Hanggoro.
Meski tarif tiket ada yang menjadi murah, Hanggoro memaparkan untuk rute wilayah barat tarif tiket naik. Hanggoro memberi contoh untuk wilayah Tangerang dan Serpong menuju Jakarta memiliki jarak 60 km.
"Tangerang serpong jaraknya lebih dari 60 km, tarif lebih mahal. Kita berdasarkan jarak nggak ditambah PSO," kata Hanggoro.
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links