View Single Post
Old 28th February 2015, 10:37 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Proyeksi Mobnas Pedesaan Juga untuk Perkebunan & Tambang

Quote:
BEKASI - Program Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dalam memproyeksikan hadirnya mobil nasional (mobnas) dinilai akan terealisasi. Akan tetapi, mobnas kali ini digadang-gadang bakal memiliki konsep sebagai kendaraan angkut untuk pedesaan, perkebunan dan pertambangan.

Menteri Perindustrian Saleh Husin membenarkan akan perealisasian produk otomotif asli dalam negeri tersebut. Namun, pihaknya menolak bila produk itu dikatakan sebagai mobil nasional (mobnas).

"Sebetulnya bukan mobnas ya. Hanya saja memang kemarin itu rapat dengan presiden bahas industri otomotif nasional. Salah satu adalah bagaimana kita melihat kebutuhan akan angkutan di pedesaan, perkebunan serta pertambangan," tutur Saleh di Tambun, Bekasi, Jumat (27/2/2015).

Kendati demikian, Saleh yang menggandeng Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-Dikti) masih akan mengkaji konsep kendaraan itu apakah akan dijadikan mobil nasional (mobnas) atau kendaraan lainnya.

"Ini kan akan dikaji Kemeperin dan Kemenristek, nanti kita akan bahas berikut lanjutannya. Tapi bagaimana nanti detailnya nanti," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, bila nantinya proyek pembuatan angkutan tersebut akan sepenuhnya digarap oleh pihak swasta salah satunya oleh pihak Esemka.

"Iya nanti swasta yang garap. Salah satu swasta dalam hal ini Esemka yang berminat masuk ke pasar itu," imbuh dia.

Sehingga, lanjutnya, akan memberikan dukungan terhadap swasta yang ingin berkontribusi dalam perealisasian proyek tersebut. Melalui persyaratan harus menggunakan tingkat komponen lokal yang tinggi.

"Kalau mau masuk ke industri itu kalau dengan tingkat komponen lokal yang tinggi tentu tidak masalah," lanjut Saleh.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links