View Single Post
Old 28th February 2015, 10:43 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha?

Quote:
NAMA saya Haris, umur 27 tahun dan belum menikah. Saya ini adalah pengusaha di bidang pertanian atau lebih tepatnya pengusaha perkebunan tanaman palawija. Sekarang saya kekurangan modal usaha, bagaimana cara untuk mendapatkan pinjaman modal usaha karena saya pernah melakukan pengajuan dan ditolak. Alasan penolakan karena belum menikah atau berkeluarga.

Mohon bantuannya dan terima kasih.

Haris

Jawab:

Salam kenal Mas Haris,

Senang mengetahui bahwa Anda yang masih muda sudah berani mengambil peluang sebagai pengusaha. Menjadi pengusaha yang mengelola sendiri bisnisnya memang merupakan tantangan, karena tidak ada jaminan bahwa bisnis kita akan terus berjalan lancar dan memberikan keuntungan.

Sebelum membahas mengenai cara mendapatkan pinjaman modal usaha, terlebih dahulu yang harus Anda jalankan adalah mengelola keuangan dari bisnis Anda. Saya yakin sebelumnya tentu Anda pernah mendapatkan keuntungan dari bisnis Palawija.

Sama dengan mengelola keuangan pribadi, maka Anda harus memisahkan sebagian keuntungan tersebut untuk menambah modal kerja atau digunakan saat bisnis Anda tidak memberikan keuntungan (misal ada bencana banjir atau kena hama). Sebaiknya hindari mencampur adukkan keuangan pribadi dengan bisnis, dengan cara memisahkan rekening atau tabungan untuk menampung uang dari penjualan.

Saya sarankan selama pendapatan dari bisnis Anda belum stabil, alangkah baiknya untuk tidak mengambil pinjaman dari bank. Masih banyak alternatif untuk mendapatkan modal tanpa harus meminjam, misalnya dari kenalan atau mencari mitra bisnis yang bisa meminjamkan modal. Dengan begitu maka Anda tidak dipusingkan dengan kewajiban untuk membayar cicilan utang ke bank. Pada saat bisnis Anda sudah berjalan lancar dan telah memberikan keuntungan yang stabil, barulah meminjam untuk memperluas bisnis Anda.

Mengenai syarat untuk mengajukan pinjaman di bank, sebenarnya tidak rumit. Umumnya bank meminta identitas calon debitur (KTP, NPWP, KK dan Akte Nikah bagi yang sudah berkeluarga), buku tabungan atau rekening koran untuk menilai kesanggupan keuangan debitur dalam membayar cicilan utang, dan surat-surat yang berkaitan dengan agunan yang diberikan (misal akte tanah dan rumah). Selama Anda bisa memenuhi persyaratan dan dianggap layak oleh bank tersebut, maka pinjaman dapat diberikan.

Semoga sukses!

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links