View Single Post
Old 28th February 2015, 10:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Isu Ekonomi Penyebab Kenaikan Harga Beras

Quote:
JAKARTA - Harga beras di sejumlah daerah mengalami kenaikan. Bahkan timbul spekulasi adanya permainan dari mafia sehingga membuat harga beras meroket.

Menurut Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron, penyebab kenaikan harga beras salah satunya adalah karena pengaruh isu-isu ekonomi yang dilontarkan pemerintah.

"Beras merupakan komoditas yang sangat sensitif. Isu-isu jangan terlalu dilontarkan oleh pejabat. Salah satunya soal isu raskin (beras miskin) dihapus yang bakal diganti dengan e-money ,ini berimplikasi. Karena pelaku beras akan menahan berasnya," kata dia dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya Fm di Jakarta, Sabtu (28/2/2015).

Menurut dia, agar harga beras dapat stabil, pemerintah dalam hal ini Bulog harus mampu untuk menjaga stok nasional dan stabilisasi harga. Karena, hal tersebut sudah diamanatkan dalam Undang-Undang Pangan Nomor 18 tahun 2012.


"Dalam UU Nomor 18 tahun 2012 itu sudah tertuang jelas. Tapi sayangnya implementasinya belum tampak," tambah dia.

Sementara itu menurut Direktur Bahan Pokok dan Barang Strategis

(Bapokstra) Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, Robert J Bintaryo, gejolak harga beras ini terjadi karena kurangnya pasokan beras untuk rakyat miskin (raskin).

"Beras raskin itu untuk 15,5 juta jiwa. Dan itu terlambat dibagikan pada bulan November-Desember. Sehingga jika itu tidak tersedia mereka tentu akan masuk ke pasar," tutup dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links