View Single Post
Old 28th February 2015, 10:46 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default KPPU Belum Temukan Indikasi Kartel Beras

Quote:
JAKARTA - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyebut kenaikan harga beras yang terjadi di Indonesia sama sekali tidak ada hubungannya dengan kartel beras. KPPU menyebut, melonjaknya harga beras tersebut disebabkan oleh suplai dan demand.
"Beberapa hari lalu, Kementerian Perdagangan menyampaikan persoalan harga beras akibat mafia. KPPU merespons, kalau ada mafia maka itu dibutuhkan data untuk ditelaah lebih lanjut. Kami sudah minta Kemendag langsung menyerahkan data ke KPPU untuk bisa segera bertindak," kata Wakil ketua KPPU Sarkawi Rauf dalam acara diskusi Polemik Sindo Trijaya Fm di Jakarta,Sabtu (28/2/2015).


Dari segi demand relatif datar, tidak ada lonjakan. Sedangkan untuk suplai, disebabkan oleh banyak hal, seperti perubahan alam, pergantian musim dan bencana alam.

Tidak hanya itu, KPPU menyebut, kenaikan harga tersebut juga berdasarkan laporan produksi 2014, terjadi karena adanya penurunan produksi hampir 1 persen. Faktor lainnya membuat harga beras meroket naik adalah karena pembagian raskin yang terlambat.

"Beras raskin yang harusnya dibagikan pada November dan Desember tidak diberikan. Sehingga 15 juta pengguna raskin membludak di pasar," katanya.

Selanjutnya, kata dia adalah struktur supply chain oligopolistik. Yang mana di beberapa rantai produksi dikuasai beberapa orang, karena beberapa orang dan fungsi stabilisasi Bulog tidak berjalan.

"Jadi kalau KPPU, belum menyimpulkan akibat kartel," tutup dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links