View Single Post
Old 1st March 2015, 11:31 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Cara Kumpulkan Rp150 Juta untuk Kuliah

Quote:
Assalamualaikum

Saya Muhtar. Saya seorang mahasiswa, saya membutuhkan biaya Rp100 juta-Rp150 juta untuk biaya melanjutkan kuliah lima tahun mendatang. Kira-kira, investasi reksadana apa yang cocok dan berapa biaya yang harus saya sisihkan per bulan?

Terima kasih

Muhtar

Jawab:

Wa’alaikumsalam, Muhtar.

Membiayai pendidikan di Indonesia saat ini memang memerlukan biaya yang cukup tinggi, sehingga harus direncanakan dengan baik. Senang sekali Anda sudah membuat perencanaan yang spesifik, mencakup tujuan, kapan dan berapa besar dana dibutuhkan.

Untuk menyiapkan dana dengan jangka waktu lima tahun ke depan, maka bisa dipilih produk investasi yang sesuai dengan jangka waktu tersebut. Salah satunya adalah berupa reksadana. Keunggulan produk ini adalah investasi bisa dilakukan dengan cara mencicil (seperti menabung), dengan dana yang tidak terlalu besar (bisa dimulai dengan Rp100 ribu).

Anda bisa memulai dengan reksa dana (RD) saham. Memang RD saham risikonya lebih tinggi dari jenis RD lainnya, namun menghasilkan tingkat pengembalian yang tinggi. Produk ini sesuai untuk investor yang mengejar return yang maksimal dalam jangka panjang.

Untuk kebutuhan dana Rp150 juta dengan estimasi return sebesar 25 persen, maka dana yang harus Anda investasikan adalah Rp1.250.000 per bulan. Untuk kebutuhan dana yang sama dengan estimasi return lebih kecil, yaitu 15 persen maka dana yang diinvestasikan adalah Rp1.675.000.

Untuk mencapai tujuan keuangan tersebut Anda harus secara rutin memasukkan dana ke RD pilihan Anda. Lakukan evaluasi secara berkala, jika perlu alihkan dana di produk RD lainnya jika imbal hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Jika ini secara konsisten dijalankan maka kemungkinan tujuan keuangan untuk biaya pendidikan bisa tercapai.

Semoga sukses!

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links