View Single Post
Old 19th November 2012, 01:32 PM   #22
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

MNC Bangun Theme Park-Taman Hiburan Sekelas Disneyland dan Jadi Kebanggaan Indonesia

http://www.seputar-indonesia.com/new...gaan-indonesia

Quote:
JAKARTA– MNC Group melalui PT MNC Land Tbk (KPIG) akan membangun taman hiburan (theme park) sekelas Disneyland. Rencananya taman hiburan tersebut akan dibangun pada 2013 di Lido, Sukabumi, Jawa Barat.

”Saya baru saja membeli tanah berukuran 1.000 hektare lebih di kawasan Lido. Saya akan buat theme park yang menjadi kebanggaan nasional,” ujar CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) di sela-sela acara Rakuten Expo Jakarta & Cool Japan Indonesia 2012,di Hotel Gran Hyatt,Jakarta,kemarin. HT optimistis, theme park yang akan dibuat oleh MNC Group bisa menjadi alternatif pilihan bagi keluarga Indonesia untuk mencari taman hiburan yang luas dan menyenangkan.

”Tidak seperti sekarang,ketika keluarga mencari hiburan,mereka memilih pergi ke Universal Studio Singapura, Disneyland Hong Kong, Disneyland Tokyo, atau bahkan Disneyland Orlando di Amerika,”katanya. Menurut dia, theme park akan dibuat secara terintegrasi, sehingga seluruh keluarga bisa menikmati hiburan di tempat tersebut. Jika theme park itu sudah selesai, dia optimistis, tidak hanya menarik wisatawan lokal, tetapi juga menjadi tempat tujuan para wisatawan luar negeri.

”Sehingga, orang luar negeri akan datang ke sini. Rencananya tahun depantheme parkitu sudah mulai jalan, dan akan sangat besar,”paparnya. Analis PT Buana Capital, Marolop Alfred Nainggolan mengatakan, rencana PT MNC Land Tbk membuat theme park sangat baik bagi perseroan. Seiring dengan naiknya pendapatan per kapita masyarakat Indonesia, lanjutnya, taman hiburan menjadi kebutuhan yang banyak dicari setelah kebutuhan pokok. ”Tentunya taman wisata ini akan meningkatkan kinerja perseroan di masa mendatang,” kata dia,kemarin.

Kinerja MNC

Di sisi lain, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) membukukan kinerja keuangan yang kuat dari dua bisnis utamanya di tiga televisi free-toair (FTA) dan bisnis konten hingga Oktober 2012.Perseroan meraih pendapatan Rp5,01 triliun,tumbuh 16% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp4,32 triliun. HT mengatakan, pendapatan konsolidasi hingga Oktober 2012, hanya membukukan enam bulan pendapatan dari value added services(VAS) yang dihasilkan Linktone Ltd (disebabkan divestasi Linktone Ltd pada Juli 2012).

”Jika kita tidak memasukkan pendapatan dari Linktone pada kinerja Oktober 2011 dan Oktober 2012, pendapatan konsolidasi tumbuh 23% secara year on year,”kata dia dalam keterangan tertulisnya,kemarin. HT menjelaskan, pendapatan dari iklan mengalami pertumbuhan yang kuat menjadi Rp4,39 triliun, atau tumbuh 22% dari Rp3,59 triliun pada periode yang sama tahun lalu yang disebabkan oleh kenaikan rate carddan occupancy levels.

Dia mengungkapkan, core pendapatan sebelum dihitung bunga, pajak, penyusutan dan amortisasi (EBITDA) konsolidasi tumbuh 19% dan core EBITDA margin meningkat dari 36% menjadi 37%.Sedangkan, total EBITDA konsolidasi tumbuh 30% dan total EBITDA marjin konsolidasi meningkat dari 37% menjadi 41%. Sementara, core EBITDA dari ketiga televisi FTA MNC meningkat sebesar 19% dari Rp1,46 triliun hingga Oktober 2011 menjadi Rp1,74 triliun hingga Oktober 2012.

Laba bersih tumbuh sebesar 45% dari Rp923,04 miliar menjadi Rp1,34 triliun. Sedangkan, earning per share(EPS) meningkat sebesar 41% menjadi Rp96 dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp68. Per Oktober 2012, lanjut HT, audience share rata-rata ketiga televisi FTA MNC adalah 41,5% (prime time all demographics). MNC memiliki rata-rata pangsa pemirsa yang tinggi karena kekuatannya dalam menyiarkan sinetron yang menarik pada saat jam tayang prime timepada RCTIdan MNCTV.

Dia menambahkan, RCTI merupakan stasiun televisi nomor 1 dengan audience share rata-rata sebesar 21% pada Oktober 2012,jauh lebih tinggi dari angka tahun lalu yang sekitar 19%. MNCTV tetap mempertahankan kinerja yang baik pada Oktober 2012 dengan rata-rata audience share 15%. Sementara, pendapatan dari bisnis konten meningkat sebesar 342% menjadi Rp85,96 miliar dari Rp19,44 miliar pada Oktober 2011 khususnya dikontribusikan oleh pendapatan dari MNC Channels yang disiarkan di televisi berbayar.

Hampir keseluruhan dari MNC Channels ditawarkan dalam paket dasar, oleh sebab itu pertumbuhan pendapatan sejajar dengan pertumbuhan pelanggan. ”Kami yakin bahwa kinerja televisi FTA kami akan terus mempertahankan rating dan audience shareyang tinggi sampai dengan akhir tahun melalui program reguler yang menarik dan mendapatkan rating tinggi seperti sinetron, siaran anak-anak dan program musik, dan juga format program seperti versi lokal dari Master Chef dan X-Factor.

Selain itu, kami juga akan menyiarkan pertandingan sepak bola AFF Suzuki Cup 2012,”papar HT. Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada mengatakan, MNCN memiliki banyak bisnis di sektor media. Sinergisitas antara unit usaha merupakan sesuatu hal yang harus dilakukan agar kinerja di masa mendatang semakin baik.”Saya rasa antara unit bisnis yang satu dengan lainnya tidak akan bertabrakan,”ujarnya. Reza sangat optimistis langkah tersebut akan meningkatkan kinerja perseroan di masa mendatang. danang arradian/ Hermansah
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote