View Single Post
Old 2nd March 2015, 10:21 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2014
Userid: 2791
Location: Indonesia
Posts: 723
Real Name: Secret. lol.
Likes: 0
Liked 2 Times in 2 Posts
Default Jimmy Jual Batik Papua Sampai ke Paris

Jimmy Jual Batik Papua Sampai ke Paris
http://economy.okezone.com/read/2015...ampai-ke-paris


Quote:
JAKARTA Sudah menjadi rahasia umum jika pulau di timur Indonesia memiliki batik Papua yang cantik nan menarik. Ya, Papua ternyata memiliki motif batik khas yang tidak sama dengan motif batik di wilayah Jawa.

Sang perajin batik, Jimmy Afaar, rela berguru ke tanah Jawa untuk memperdalam ilmunya mengenai batik. Tahun 2007, Jimmy mengaku belajar membatik dari masyarakat Pekalongan. Setelah merasa mahir, ia lalu kembali ke Papua dan mentransfer ilmu membatik yang dimilikinya kepada masyarakat Papua.

Batik dengan merek Port Numbay ini berani menyajikan konsep batik khas Papua dan Papua Barat yang filosofi berbeda dengan batik Jawa. Dia mengisahkan awal mula terjun ke bisnis ini tidak lepas dari ketertarikannya terhadap fashion.

Dunia fashion yang digelutinya bermula saat ia menjadi asisten perancang busana kenamaan, mendiang Ramli. Pengalamannya didapat saat mengikuti Ramli di berbagai pagelaran fashion show.

"Beliau (Ramli) yang banyak mengajarkan saya untuk mengembangkan kembali desain Papua ini," sebutnya kepada Okezone di Jakarta.

Bermodalkan uang gaji selama bekerja menjadi asisten Ramli, Jimmy mulai dengan 16 motif batik yang dihasilkan saat berguru di Pekalongan. Mulai dari situ Jimmy melakukan pameran dan mendapatkan pesanan.

Dibantu 15 tenaga kerja aktif dan 40 orang masyarakat binaan dari pelatihan membatik, Jimmy mulai mengembangkan industri batik Papua. Kini omzet yang dimilikinya berkisar Rp5 juta sampai Rp7,5 juta per bulan dengan laba bersih sebesar Rp2,5 juta per bulan.

Bahan baku yang digunakan Jimmy dalam meramu produksinya didatangkan dari pulau Jawa. Jimmy mengatakan, yang digunakan adalah alat produksi cating sederhana dengan pewarna alami datoi pepohonan yang diolah terlebih dahulu.

Buah dari kerja kerasnya, produk Jimmy sudah melanglang buana di berbagai negara seperti di Floria dan Paris. Setelah pameran di Paris tahun 2014, Jimmy kembali memenangkan sebuah pameran di Jakarta. Uang tersebut dia gunakan untuk modal membuat pameran busana di Paris pada Maret 2015.

Tidak tanggung-tanggung, busana karya Jimmy sudah dikenakan oleh mantan Presiden SBY hingga Presiden Jokowi. Namun dia masih memiliki ambisi agar batiknya dipakai oleh Presiden Negara Adidaya Barack Obama. Mengapa?

"Presiden Obama miliki kulit gelap hampir sama seperti masyarakat Papua, dia juga pernah tinggal di Indonesia. Tentu akan sangat cocok jika mengenakan batik Papua," katanya.

Kendati demikian, di balik kesuksesannya ternyata Jimmy masih mengalami kendala dalam menjalankan bisnisnya. Salah satunya ada kendala mencari tenaga kerja.

(wdi)
nonasakamoto is offline   Reply With Quote
Sponsored Links