View Single Post
Old 2nd March 2015, 03:54 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default SMK Diminta Isi Pasar TKI di Luar Negeri

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menjajaki kerja sama dengan sekolah menengah kejuruan. Kepala BNP2TKI Nusron Wahid mengatakan tujuan kolaborasi antara lembaganya dan SMK berbasis pesantren adalah merealisasikan komitmen Presiden Joko Widodo pada 2017 untuk memoratorium tenaga kerja Indonesia yang bekerja sebagai pembantu. Partisipasi alumnus SMK di pesantren, ujar Nusron, meningkatkan pengiriman tenaga kerja terlatih ke luar negeri.

"Ini adalah peluang bagi alumnus SMK untuk mengisi pasar TKI skil di luar negeri," kata Nusron di Pondok Pesantren Al-Ittifaaq, Ciweday, Bandung, Jawa Barat, pada Minggu, 1 Maret 2015.

Nusron menampik anggapan bahwa moratorium pembantu ke luar negeri dianggap menutup kesempatan warga negara mendapatkan pekerjaan yang layak. "Pemerintah justru ingin mencarikan akses pekerjaan di luar negeri yang lebih layak dan penghasilan tinggi," ujarnya.

Saat ini, menurut Nusron, masih ada jutaan TKI yang hanya lulusan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang hanya masuk kualifikasi sebagai pembantu di luar negeri. Terhadap mereka, kata Nusron, pemerintah akan meningkatkan keterampilannya dengan memberikan pelatihan memakai kurikulum ajar SMK. Jika berhasil, ujar Nusron, citra TKI di luar negeri bisa berubah.

Nusron mengkategorikan, lulusan SMK ada tiga jenis. Pertama, mereka yang didedikasikan untuk usaha mandiri. Kedua, mereka yang ditampung di industri dalam negeri. "Ketiga, daripada ada yang menganggur, kami promosikan mereka bekerja ke luar negeri dan mengisi pasar TKI skil," kata Nusron.


http://www.tempo.co/read/news/2015/0...di-Luar-Negeri
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links