View Single Post
Old 2nd March 2015, 04:07 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Solo mimpi punya jalan berbayar

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Solo mewacanakan penerapan 'electronic road pricing' (ERP) atau sistem jalan berbayar yang dikhususkan di jalan utama. Langkah tersebut dinilai mampu mengurangi kemacetan di Kota Bengawan.

Pasalnya laju pertumbuhan kendaraan masuk di Kota Solo dari tahun ke tahun mengalami peningkatan tajam. Ironisnya pertumbuhan tersebut tak dibarengi dengan bertambahnya ruas jalan yang memadai.

"Gagasan menerapkan sistem jalan berbayar ini muncul melihat tingginya laju pertumbuhan kendaraan di Solo. Jumlah kendaraan meningkat 20 persen pada tahun ini. Kalau ini dibiarkan terus tanpa ada solusi, akan menimbulkan kemacetan parah, ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajat kepada wartawan, Minggu (1/3).

Menurut Herman, gagasan untuk menerapkan sistem jalan berbayar merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi kemacetan di Kota Solo. Untuk merealisasikan rencana tersebut, lanjut Herman, diperlukan sarana dan prasarana pendukung, seperti penambahan dan perbaikan moda transportasi umum.

"Harapan kami, saat sistem ini diterapkan, warga bisa beralih menggunakan moda transportasi umum. Kendaraan mereka akan ditempatkan di kantong-kantong parkir yang kami bangun. Kemudian mereka menggunakan angkutan umum," jelasnya.

Terkait waktu penerapan sistem jalan berbayar tersebut, ia belum bisa memastikan. Ia berdalih akan melakukan kajian terlebih dahulu, apakah Solo bisa diterapkan sistem dimaksud.

"Yang terpenting bagaimana pemerintah ini bisa menyiapkan sarana dan prasarana transportasi, termasuk memperbaiki transportasi umum," pungkasnya.


http://www.merdeka.com/peristiwa/sol...-berbayar.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links