View Single Post
Old 7th March 2015, 08:20 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Manajemen Keuangan bagi Anda yang Single

Quote:
JAKARTA - Seseorang yang berstatus single akan lebih memiliki waktu untuk bersenang-senang dan cenderung lebih boros. Kondisi ini jauh berbeda dengan seseorang yang sudah berpasangan atau memiliki anak, sebab tanggung jawab keuangannya lebih besar.

Kendati demikian, si lajang disarankan untuk tidak terlena dengan situasi. Anda harus memikirkan masa depan dari sekarang dengan mengatur keuangan agar lebih bahagia.

Berikut beberapa cara mengelola keuangan bagi Anda yang masih single, seperti dikutip dari artikel berjudul Five Money Management Tips for Singles oleh Budgeting & Personal Finance Expert yang ditulis Paula Pant, Sabtu (7/3/2015).

1. Pikirkan masa depan Anda

Setiap keputusan tentang uang yang Anda keluarkan saat ini dapat membawa dampak jangka panjang. Misalnya, jika Anda mempunyai utang yang cukup besar maka Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melunasinya. Hal ini dapat mengganggu jika Anda memutuskan untuk menikah dan membutuhkan yang cukup besar untuk membeli rumah atau membiayai pesta pernikahan.

Meskipun uang tersebut tidak untuk saat ini, namun belajarlah bertanggung jawab untuk masa depan Anda. Jangan sampai melakukan hal-hal yang membahayakan kebahagiaan masa depan Anda.

2. Membuat anggaran

Langkah pertama untuk pengelolaan uang yang cerdas adalah melacak berapa banyak uang yang Anda habiskan setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda memiliki hidup yang lebih baik, serta bisa menata hidup untuk masa depan bersama kekasih.

Aturlah anggaran dan periksalah secara teratur. Dengan demikian, Anda dapat mendeteksi keuangan secara tepat.

Gunakanlah uang dengan bijaksana. Hal itu akan membuat semua kebutuhan yang lain dapat tercapai.

3. Mulai menabung sejak dini

Memiliki dana darurat dari pendapatan akan memberikan keamanan jika Anda kehilangan pekerjaan, sakit, atau menghadapi kesulitan tak terduga lainnya. Anda juga harus mulai berkontribusi terhadap dana pensiun Anda. Semakin awal Anda memulai, semakin lama uang Anda berpotensi dapat tumbuh melalui peracikan bunga.

4. Bayar utang secepat mungkin

Jika Anda telah melakukan akumulasi utang, saatnya untuk agresif bekerja agar bisa melakukan pembayaran. Lakukan pembayaran utang secara cepat untuk membebaskan uang Anda di masa depan. Khususnya ketika Anda siap memikirkan tentang pernikahan, pembelian rumah atau memulai sebuah keluarga.

5. Jangan berhemat pada asuransi

Tidak ada yang dapat memprediksi apa yang terjadi pada kehidupan. Untuk itu, asuransi merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki agar suatu saat nanti Anda tidak tenggelam secara finansial jika hal buruk terjadi. Anda juga dapat memikirkan polis asuransi term life sekarang. Hal ini dapat membantu membayar biaya pemakaman Anda jika hal terburuk terjadi, sehingga meringankan beban orang yang Anda cintai.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links