View Single Post
Old 7th March 2015, 01:32 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ribuan Lampu PJU Dipasang di Wilayah Rawan Kejahatan di Bekasi

Bekasi - Dinas Pertamanan, Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (DPPPJU) Kota Bekasi akan menambah 1.016 lampu penerangan jalan umum (PJU) di wilayahnya. Ribuan lampu PJU itu akan dipasang di empat zona.

Berdasarkan catatan DPPPJU Kota Bekasi, zona satu meliputi wilayah Kecamatan Bekasi Timur, Bekasi Utara dan Medansatria yang dipasang sebanyak 248 lampu PJU.

Zona dua, meliputi wilayah Kecamatan Jatiasih dan Bekasi Barat yang akan dipasang sekitar 279 lampu PJU.

Zona tiga meliputi wilayah Kecamatan Rawalumbu, Mustikajaya dan Bantargebang rencanya akan dipasang sekitar 253 lampu PJU.

Dan terakhir, zona empat meliputi Kecamatan Pondokgede, Pondokmelati dan Jatisampurna akan dipasang sebanyak 236 titik lampu PJU.

Sedangkan biaya yang telah dianggarkan untuk penambahan lampu PJU tersebut, sebanyak Rp 4,6 miliar untuk seluruh zona. Selain itu, Pemerintah Kota Bekasi juga menganggarkan Rp 2 miliar untuk perawatan 2.300 titik lampu PJU se-Kota Bekasi.

"Jumlah lampu PJU yang sudah ada di Kota Bekasi masih jauh dari ideal, kita terus upayakan penambahan jumlah lampu, terutama di daerah yang rawan kejahatan," kata Kepala DPPPJU Kota Bekasi, Karto, Jumat (6/3).

Dia mengatakan, saat ini Kota Bekasi memiliki sekitar 31.500 titik lampu PJU yang tersebar di 12 kecamatan se-Kota Bekasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.500 lampu PJU di antaranya dalam keadaan rusak. Sehingga total hanya ada 27.000 titik PJU yang berfungsi dengan baik.

Sementara itu, Kabid Penerangan Jalan Umum (PJU) DPPPJU Kota Bekasi, Karya Sukmajaya, menambahkan pihaknya telah menganggarkan biaya perawatan lampu PJU sebesar Rp 2 miliar.

Dana ini disediakan untuk merawat sekitar 2.300 lampu PJU yang rusak di tahun 2015. "Sejak Januari lalu hingga saat ini, sudah ada sekitar 300 lampu PJU yang telah diperbaiki," katanya.

Sedangkan untuk penambahan lampu PJU baru akan dilaksanakan sekitar triwulan kedua penggunaan anggaran. Saat ini, masih dalam proses lelang pengadaan barang. "Kira-kira baru terlaksana sekitar awal bulan Mei mendatang," kata dia.

Kerusakan lampu PJU di Kota Bekasi lebih banyak tersebar di jalan-jalan protokol, seperti jembatan layang Kranji-Bekasi Barat, Jalan KH Noer Ali, Jalan Joyomartono dan Jalan Juanda menuju Terminal Induk Kota Bekasi.

Sedangkan ruas jalan yang minim penerangan lampu PJU berada di jalan lingkungan, yang tersebar di Kecamatan Mustikajaya, Bantargebang, Pondokmelati dan Kecamatan Jatisampurna.


http://www.beritasatu.com/megapolita...di-bekasi.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links