View Single Post
Old 9th March 2015, 11:40 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jokowi Resmikan Terminal Penampungan Regasifikasi Arun

Quote:
LHOKSEMAUWE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini dijadwalkan meresmikan Pengoperasian Arun LNG Receiving Hub dan Regastification Terminal atau Terminal Penampungan dan Regasifikasi Arun yang dikelola PT Pertamina Gas (Pertagas) melalui PT Perta Arun Gas.
Seperti agenda yang dikutip Okezone, Banda Aceh, Senin (9/3/2015), Jokowi akan meresmikan proyek infrastruktur gas tersebut pada pukul 09.00 WIB.

Sebelumnya, Jokowi bersama ibu negara Iriana Joko Widodo bertolak dari Jakarta ke Serambi Mekkah ini kemarin sore pada pukul 15.00 WIB bersama rombongan menteri di antaranya Sekretaris Kabinet Andi Wijayanto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.


Dalam acara ini pun akan dihadiri oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto, Presiden Direktur PT Pertagas Hendrajaya, Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng.

Presiden Direktur Pertagas Hendrajaya menjelaskan, Terminal Penampungan dan Regasifikasi Arun merupakan alih fungsi dari kilang gas alam cair (Liquefied Natural Gas/LNG) PT Arun NGL. Pengerjaan alih fungsi telah dirampungkan perusahaan sejak beberapa waktu lalu.

"Sekarang fasilitas ini sudah siap mengalirkan gas hasil regasifikasi LNG yang dikirim dari Kilang Tangguh, Papua," kata dia.

Seperti yang diketahui, pada 19 Februari 2015, kargo Liquefied Natural Gas (LNG) perdana yang dibeli oleh PT PLN (Persero) tiba di Pelabuhan Blang Lancang, Aceh Darussalam. Kargo dari fasilitas Tangguh LNG di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat ini dikirimkan menggunakan kapal tangker LNG Tangguh Towuti dan akan digunakan untuk commissioning atau uji coba fasilitas regasifikasi Arun yang baru.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan, upaya ini merupakan langkah nyata sektor hulu migas memprioritaskan kebutuhan domestik. SKK Migas berkomitmen untuk meningkatkan pasokan gas untuk domestik.

Menurutnya, pengiriman kargo ini merupakan bagian dari komitmen Tangguh untuk pasar domestik. Tangguh LNG, yang dioperasikan BP dijadwalkan mengirim Sembilan kargo LNG ke PLN di tahun 2015.

“Kargo dari Tangguh LNG ini membantu uji coba Arun sehingga dapat memulai kegiatan operasional sebagai terminal regasifikasi LNG,” kata Amien.

Presiden Direktur PT Perta Arun Gas Teuku Khaidir selaku operator terminal mengungkapkan, sangat menantikan kargo perdana dari Tangguh LNG ini. Hal ini menandakan bahwa pihaknya telah siap beroperasi secara penuh dan mulai memasok gas yang dibutuhkan Indonesia.

Melalui kapasitas Regas Unit terpasang sebesar 405 MMSCFD, diharapkan PLN dapat memanfaatkan gas secara optimal untuk pembangkit listrik dan pengembangan kawasan industri di Sumatera Utara dan Aceh.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links