View Single Post
Old 9th March 2015, 06:38 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Wagub desak pengelola Transjakarta tingkatkan faktor keselamatan

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendesak pihak Transjakarta untuk meningkatkan faktor keselamatannya terkait kembali terbakarnya satu unit bus moda transportasi massal favorit tersebut di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat

"Saya perintahkan tingkatkan betul keselamatan dan kenyamanan transportasi karena menyangkut keamanan masyarakat," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Balai Kota Jakarta, Senin.

Sebelumnya, sebuah bus Transjakarta terbakar di Jalan Gatot Subroto arah Semanggi, Jakarta Selatan, sehingga sempat membuat lalu lintas tersendat.

Pihak Transjakarta mengonfirmasi kejadian tersebut terjadi pada jalur Koridor IX, Minggu, pukul 07.25 WIB dan bus naas disebutkan mengeluarkan asap.

Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Nicholas Stephanus Kosasih mengatakan Bus yang terbakar itu adalah unit baru dalam masa pengadaan pada tahun 2015 dan baru tiga hari jalan.

"Bus itu pengadaan tahun 2015 dan masih dalam masa garansi. Namun sebelumnya telah di service sebulan pihak Zong Tong sebelum dikirim," kata Kosasih yang ditemui di tempat berbeda.

Terkait dengan penyebab kebakaran satu unit bus Transjakarta tersebut, Kosasih mengatakan pihaknya masih menyelidiki namun dirinya mencurigai ada kelebihan panas pada turbonya karena beberapa kali terjadi di bagian itu pada mobil lainnua.

"Bodi oke, bagian belakang saja yang terbakar. Sepettinya itu bukan hubungan pendek, sepertinya turbo mengalami over heating dan sekarang sedang dicek. Pihak Damri juga memakai merk itu dan sempat dua kali terjadi di bagian sama," katanya.

Kosasih menambahkan dia akan meminta pihak Zhong Tong dari Tiongkok dan Korea untuk melakukan pengecekan dan pembongkaran semua unit dari mereka untuk minimalisir resiko terjadi lagi.

Lebih lanjut, Kosasih mengatakan akibat Pengecekan unit bus Transjakarta tersebut, pelayanan akan sedikit terganggung karena 30 bus tidak beroperasi.

"Selain satu yang terbakar itu, ada 29 bus yang diberhentikan untuk dicek dulu. Jika ada penumpang komplain dan marah-marah saya ambil resiko tersebut daripada nanti ada yang celaka," kata Kosasih.

Akibat kejadian tersebut, kata Kosasih, pihak Zhong Tong diharapkan membuat pernyataan resmi yang menyatakan jaminan mereka atas produknya. Selain itu dia juga mendesak Zhong Tong untuk menyelesaikan dalam waktu dekat.

"Diharap dua hingga tiga minggi untuk cek dan bongkar 30 unit bus. Kalo ditemukan masih beresiko kita minta diganti semua karena masih garansi. Dan yang perlu diingat kita gak boleh main-main soal keselamatan dan keamanan penumpang," ujarnya.


http://www.antaranews.com/berita/484...or-keselamatan
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links