View Single Post
Old 11th March 2015, 06:44 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Resmikan Lounge, Gubernur Soekarwo Minta PNS Berperan Aktif Melayani Publik

Banyuwangi - Kantor Sekretariat Pemkab Banyuwangi punya fasilitas anyar. Yakni sebuah lounge atau ruang tunggu yang eksklusif dan nyaman. Namanya Lounge Layanan Publik. Di ruang ini, semua tamu bisa mengakses berbagai data yang diperlukan di lingkungan Pemkab Banyuwangi.

Gubernur Soekarwo yang meresmikan Lounge Layanan Publik ini sangat mengapresiasi langkah yang digagas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas tersebut. Menurutnya, tugas pokok pemerintah ialah memberikan pelayanan.

Dan hal itu bisa berkembang jika ada pemberdayaan dan peran serta peran serta masyarakat. Tak luput Soekarwo menegaskan agar stake holder terkait bisa berperan aktif dalam peran serta pelayanan publik.

"Kita bisa lihat secara fisik (lounge) seperti ini tapi secara pelaksanaan saya berharap stakeholder terkait bisa berperan aktif dalam pelayanan publik," tegas Soekarwo usai peresmian Lounge Pemkab Banyuwangi, Rabu (11/3/2015).

Bupati Banyuwangi saat mendampingi Soekarwo mengatakan, fasilitas lounge tersebut difungsikan untuk menerima semua tamu pemerintah daerah, baik itu tamu Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Kabupaten, maupun tamu dari setiap kantor bagian yang ada di lingkungan Sekretariat Daerah. Lounge ini juga merupakan salah satu upaya untuk membudayakan transparansi di lingkungan Pemkab.

"Jadi tidak ada lagi pertemuan-pertemuan rahasia, semuanya bertemu di lounge ini. Semua data Pemkab juga bisa diakses di layar-layar komputer yang disediakan," kata Anas.

Di dalam ruang lounge ini disediakan empat layar komputer besar yang tersambung dengan internet. Di dalamnya terdapat berbagai data seputar kinerja SKPD maupun laporan APBD juga bisa diakses dengan mudah.

Berbagai program seperti capaian bedah rumah, beasiswa, pelatihan pemuda, hingga hibah bisa dipantau. Beberapa aktivitas seperti di rumah sakit, puskesmas, sejumlah pasar, hingga dinas-dinas juga bisa dipantau melalui CCTV yang tersambung dengan komputer di lounge tersebut.

Secara teknis, warga yang datang nantinya akan langsung diarahkan menuju ruangan lounge ini. Setelah itu petugas resepsionis akan menghubungi bagian atau staf Pemkab yang dituju. Sembari menunggu proses pelayanan publik, warga yang datang bisa menikmati fasilitas ruangan nyaman ber AC, makanan minuman hangat gratis sekaligus duduk di kursi empuk yang juga disiapkan untuk menampung sampai 60 orang.


http://www.detiknews.com/read/2015/0...elayani-publik
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links