View Single Post
Old 12th March 2015, 11:51 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default OJK Minta Perbankan Waspadai Melemahnya Rupiah

Quote:
JAKARTA - Lembaga jasa keuangan khususnya industri perbankan diminta waspada atas melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika (AS). Mata uang Garuda ini terus melempem bahkan sempat menyentuh level Rp13.200 per USD.
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, walaupun sampai saat ini kondisi lembaga keuangan dalam negeri masih belum terganggu, tetapi tetap saja sektor jasa keuangan dituntut waspada.

"Dengan kekuatan yang dimiliki tentu saja kewaspadaan itu tanpa harus mengurangi rencana bisnis. OJK akan terus memantau terkait pasar valas dan rupiah. Ingin semua berjalan normal," sebut Muliaman di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/3/2015) malam.

Muliaman mencontohkan, kondisi sektor jasa keuangan masih dalam kondisi baik. Seperti halnya, kegiatan pembiayaan pun tetap berjalan dengan kekuatan indikator keuangan yang cukup baik yang ada di perbankan.

Perlu dicatat kata Muliaman, seperti kecukupan modal yang cukup tinggi, Capital Adequacy Ratio (CAR) hingga 21 persen dan kondisi likuiditas yang cukup memadai. "Saya kira memiliki ruang cukup besar untuk bank lebih mampu melakukan pembiayaan kegiatan ekonomi," jelasnya.

Di sisi lain, lanjut Muliaman mengungkapkan, target pertumbuhan kredit dipastikan akan tetap tumbuh lebih dari 16 persen.

"Saya kira dengan pengalaman yang sudah dimiliki penggiat industri jasa keuangan, tentu saja komitmen untuk melihat ini secara dekat, terutama bagaimana mitigasi risiko yang muncul sudah jadi policy dari lembaga jasa keuangan," imbuhnya.

Karena itu, OJK mengatakan akan terus memantau perkembangannya sejalan dengan dinamika yang terjadi, termasuk meminta lembaga jasa keuangan terus memantau fluktuasi Rupiah. "Kami akan lihat secara dekat melalui pengawasan yang tereintegrasi, agar meyakini tidak ada kerawanan yang tidak perlu," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links