View Single Post
Old 12th March 2015, 02:59 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Padang akan operasikan pembangkit listrik gas metan

Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, akan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga gas metan (PLTGM) yang didirikan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Air Dingin, pada Agustus 2015.

"Kepastian mulainya pengoperasian PLTGM pada Agustus, seiring telah dilakukannya tender genset oleh pemerintah pusat pada Maret ini," kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Padang, Afrizal Khaidir di Padang, Kamis.

Ia mengatakan, dalam jangka waktu empat bulan ke depan, Kementerian Pekerjaan Umum akan mengirimkan genset tersebut ke Padang, yang nantinya digunakan sebagai alat penggerak turbin penghasil listrik.

Ia menjelaskan, proyek yang telah dirintis sejak 2014 oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum bersama DKP Padang, merupakan proyek percontohan pertama di Indonesia, yang akan beroperasi.

"Dengan dioperasikannya PLTGM ini nanti, membuktikan gas metan yang dihasilkan oleh tumpukan sampah dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasil energi listrik, sehingga dapat diikuti oleh pemerintah daerah lainnya," ujarnya.

Saat ini lanjutnya, DKP Padang telah menyiapkan 29 titik sumur di dua zona tidak aktif, dimana sumur itu akan menghasilkan tenaga listrik sebesar 130.000 kilovolt-amper (kVA).

"Kami merencanakan, tenaga listrik 130 ribu kVA ini akan digunakan sebagai sumber listrik bagi operasional TPA Air Dingin serta masyarakat sekitar," ujarnya.

Ketua Komisi III DPRD Padang Bidang Pembangunan, Yandri menyambut baik pemanfaatan gas metan yang dihasilkan oleh tumpukan sampah, sehingga dapat menjadi alternatif pengganti BBM dalam menggerakkan genset penghasil listrik.

"Kami berharap, dengan adanya PLTGM ini masyarakat dapat menikmati hasilnya. Selain itu kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tertib membantu pemerintah dalam pengelolaan sampah rumah tangga masing-masing," katanya.


http://www.antaranews.com/berita/484...trik-gas-metan
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links