View Single Post
Old 14th March 2015, 11:57 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Regionalisasi PLN Sebabkan Kartel Listrik

Quote:
JAKARTA - Regionalisasi PT PLN diperkirakan akan membuat swasta dapat menguasai sektor ketenagalistrikan nasional. Bahkan, regionalisasi PLN juga mampu mengindikasikan pihak swasta mampu melakukan kartel kelistrikan nasional.
"Misalnya hulunya sendiri misalnya Suralaya dipegang GE, Muara Karang Mitsubishi, Tanjung Priok Hyunday, kemudian transmisinya swasta-swasta, kalau mereka bersatu kan kaya PLN juga, kartel itu namanya, nah itu bisa mendikte pasar," kata Pembina Serikat Pekerja PT PLN (Persero) Ahmad Daryoko kepada Okezone di Jakarta.

Menurut Ahmad, sektor ketenagalistrikan memiliki sifat yang khas, yaitu monopoli alamiah. Menurut dia, yang menguasainya akan melakukan monopoli dengan alamiah. Sebab, sektor ketenagalistrikan merupakan sektor yang memang harus dikuasai oleh pemerintah melalui PT PLN (persero).

"Ketenagalistikan itu kan sektor yang akan menjadi monopoli alamiah, artinya mau dipegang PLN kek, mau dipegang Aburizal Bakrie, GE kek, Mitsubishi kek itu tetap mereka akan monopoli pasti akan monopoli otomatis dari Hulu ke Hilir," tambahnya.

Pria yang menjabat sebagai Dewan Pimpinan Pusat Konfederasi Serikat Nasional (KSN) ini mengaku yang ditakuti usai pemerintah menerapkan regionalisasi PLN ke pihak swasta atau asing, harga listrik naik berkali-kali lipat.

"Kalau swasta menguasai lalu membuat kartel maka tarif listrik pada saat peak load atau beban puncak bisa melonjak sekitar 10 sampai 15 kali lipat dari tarif normal," tutupnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links