View Single Post
Old 14th March 2015, 11:59 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Biayai Pendidikan Anak, Bolehkah Berhutang?

Quote:
JAKARTA - Setiap memasuki tahun ajaran baru, orang tua pasti akan dipusingkan dengan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan sekolah anak. Biaya pendaftaran ulang, buku-buku, seragam, hingga peralatan sekolah tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit dan tentu membuat orang tua menjadi kelimpungan.

Menurut Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini, sebenarnya hal ini tidak akan terjadi jika Anda sebagai orang tua sudah mempersiapkan biaya pendidikan si anak jauh-jauh hari. Hal ini karena, biaya pendidikan itu bukanlah termasuk biaya yang mendadak tapi bisa diprediksi dan dipersiapkan sejak lama.

"Biaya pendidikan untuk anak itu sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh sebelum dia lahir. Namun, jika orang tuda dalam kondisi terdesak dan harus mengeluarkan uang demi sekolah anak, yang pertama yang bisa dilakukan adalah jual aset yang Anda miliki," kata dia kepada Okezone.

Alternatif yang kedua jika dalam kondisi terdesak membutuhkan uang untuk sekolah anak adalah meminjam kepada saudara. Menurut Mike, cara ini tergolong aman karena biasanya dengan meminjam kepada orang tua atau saudara membuat Anda aman dari bunga. Yang terakhir adalah meminta keringanan ke pihak sekolah.

"Ini bisa dilakukan. Istilahnya ini cara terakhirlah meminta keringanan kepada pihak sekolah," ujarnya.

Selain itu, Mike mewanti-wanti agar orang tua tidak sampai berhutang dalam membayar biaya sekolah anak. Hal ini akan mengajarkan hal yang tidak baik kepada anak Anda.

"Saya tidak menyarankan orangtua berhutang demi sekolah anak. Ini akan menjadi kebiasaan nantinya. Ini mengajarkan yang tidak baik juga kepada anak," tutup dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links