View Single Post
Old 14th March 2015, 07:29 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Uji coba perahu alumunium untuk bersihkan sampah

Yogyakarta (ANTARA News) - Forum Silaturahmi Daerah Aliran Sungai (DAS) Gajah Wong, melakukan uji coba penggunaan perahu berbahan alumunium untuk membantu bersih-bersih sampah di sungai.

"Dari uji coba yang dilakukan, perahu alumunium bisa digunakan di sungai untuk membantu membersihkan sampah," kata Ketua II Forum Silaturahmi Daerah Aliran Sungai (Forsidas) Gajah Wong Purbudi Wahyuni, di Yogyakarta, Sabtu.

Selain untuk membersihkan sampah, Purbudi bahkan menilai bahwa perahu alumunium tersebut bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain, seperti kegiatan wisata alternatif guna mengenalkan sungai kepada masyarakat luas.

Kegiatan wisata di sungai, lanjut dia, bisa menjadi sarana edukasi kepada pelajar hingga masyarakat umum agar lebih mengenal sungai sehingga pada akhirnya bisa ikut menjaga kelestarian sungai.

Uji coba perahu untuk membersihkan sampah di sungai tersebut juga diikuti sejumlah mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta dan mahasiswa dari Singapore Polytechnic.

Sedangkan pemilik perahu alumunium, Feri Iskandar mengatakan bahan alumunium dipilih karena lebih sesuai dengan karakter sungai di Yogyakarta yang banyak memiliki batu tajam.

"Sudah ada beberapa model perahu alumunium. Perahu yang digunakan untuk uji coba ini biasanya disebut "Perahu Katamaran" yang sifatnya tidak mudah terbalik karena berlambung dua," katanya.

Perahu tersebut dilengkapi dengan semacam keranjang yang bisa menampung sampah. Perahu yang sama juga sudah dimanfaatkan Komunitas Sungai Bedog untuk membersihkan sampah.


http://www.antaranews.com/berita/485...rsihkan-sampah
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links