View Single Post
Old 15th March 2015, 12:53 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tren Akik Diyakini Lebih Lama dibanding Arwana & AnthuriumTren Akik Diyakini Lebih Lama dibanding Arwana & Anthurium

Quote:
SOLO - Fenomena boomingnya batu akik dianggap sebagai aksi cuci uang (money landry) karena nilainya yang tiba-tiba menjadi sangat mahal. Pasalnya, hal ini juga pernah terjadi pada anthurium jemani, ikan arwana, dan burung.

Namun, Pengamat sosial dari UNS, Tunjung W Sutirto, mengatakan fenomena ini agak berbeda dengan ikan, burung, dan tanaman. Pasalnya, batu akik tidak dapat dikembangkan secara genetik dan masih dapat dilihat eksotiknya.

"Sebab itu kemungkinan trend batu akik akan bertahan lebih lama dibanding tren sebelumnya," kata Tunjung dia saat ditemui Okezone, di Solo, Jawa Tengah.

Selain itu, dia melihat fenomena ini akan berbeda di tiap daerahnya. Pasalnya, keunikan sebuah batu akik, membutuhkan penilaian dari seorang kurator.

Tunjung, yang juga sebagai pembina kurator musium keris Surakarta, mengaku dia dan juga kurator lainnya saja juga tidak bisa memiliki kesamaan dalam menilai suatu barang. Bisa menemukan kesamaan pendapat jika barang yang dinilai memiliki komoditas yang hitung-hitungannya bisa dilihat.

"Namun bagaimana dengan hitung-hitungan akik, kan angel (sulit)," pungkasnya.

Karena itu estetika yang terkandung dalam batu akik tersebut sulit diukur apakah barang tersebut betul-betul seharga sedemikian (ratusan juta, hingga miliaran) atau tidak.

"Karena meski batu berasal dari daerah yang sama, giok dari Aceh, Bacan dari NTB, Fire opal dari Wonogiri, sama-sama batunya namun sulit untuk memberikan patokan harga pada barang tersebut," tukas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links