View Single Post
Old 15th March 2015, 10:15 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 4 Instalasi Air Bersih akan Dibangun di Pulau Seribu

VIVA.co.id - Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Kepulauan Seribu, Pemprov DKI Jakarta tahun ini akan membangun instalasi pengolahan air (IPA) di empat pulau di Kepulauan Seribu.

Dua IPA dengan kapasitas 900 meter kubik per hari akan dibangun di Pulau Harapan dan Kelapa. Dua IPA lagi dengan kapasitas 500 dan 250 meter kubik per hari dibangun di Pulau Panggang dan Pramuka.

Kepala Bidang Air, Tanah dan Air Bersih, Dinas Tata Air DKI Jakarta, Bawa Sarasa, mengatakan, pembangunan keempat IPA tersebut akan dimulai pertengahan tahun ini. "Kalau bisa bulan Juni ini kita sudah kontrak sehingga ditargetkan selesai akhir tahun 2015," ujarnya, Minggu 15 Maret 2015.

Dikatakan Bawa, nantinya pembangunan IPA akan mengaplikasikan sistem tower dan jaringan. Dengan teknologi itu, diharapkan hasil pengolahan tidak hanya bersih, tapi juga bisa untuk diminum.

"Jadi sistem jaringan pipa-pipanya berkualitas seperti HSDP kapasitas air minum. Hasilnya kita harapkan bisa menjadi air minum untuk warga," katanya.

Bupati Kepulauan Seribu, Tri Djoko, mengatakan pembangunan instalasi air bersih di empat pulau tersebut tidak akan melibatkan pihak swasta. Setelah selesai dibangun, pengelolaannya akan diserahkan kepada Sudin Tata Air Kepulauan Seribu. Pembangunan IPA tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih sekitar 20.000 jiwa penduduk di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

"Kami yakin IPA tersebut mampu memenuhi kebutuhan air bersih 150 liter per orang per hari," ujarnya.


http://metro.news.viva.co.id/news/re...i-pulau-seribu
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links