View Single Post
Old 17th March 2015, 09:05 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Sambut Peringatan KAA, Lampu Klasik Mulai Dipasang di Sekitar Gedung Merdeka

Bandung - Pemkot Bandung memermak infrastruktur jalan dan menata kawasan pedestrian di seputaran Gedung Merdeka. Selain pengerjaan trotoar granit dan beton berpola, sejumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) berdesain klasik mulai dipasang. Wajah baru ini guna menyambut peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) yang puncak perayaannya berlangsung di Kota Bandung pada Jumat 24 April mendatang.

Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung melalui akun twitter @dbmpkotabg mengabarkan soal foto keberadaan PJU klasik. "Uji coba lampu LED PJU klasik sekitar Gedung Merdeka," tulis akun tersebut pada Selasa (17/3/2015) dini hari.

Pantau detikcom di lokasi atau tepatnya di depan Museum Konferensi Asia Afrika, sudah berdiri kokoh dua tiang PJU klasik yang tingginya sekitar empat meter. Tiang melengkung bercat hitam itu terdapat motif-motif. Di ujung tiang nampak desain patung harimau berdiri. Bohlam bulat siap menyorot menerangi kawasan tersebut.

"Untuk di Jalan Asia Afrika, lampu yang dipasang akan sama seperti lampu di Taman Pramuka, sementara yang di Jalan Braga seperti yang sudah dipasang di Jalan Merdeka," ucap Kepala DBMP Kota Bandung Iskandar Zulkarnain dalam acara Bandung Menjawab di ruang wartawan Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (3/3/2015) lalu.

Sejumlah jalan di sekitaran Gedung Merdeka yang menjadi pusat perayaan, ditata dan dipercantik untuk menyambut event berskala internasional tersebut. Proyek penataan jalan dan trotoar di sekitaran Gedung Merdeka itu menelan anggaran Rp 15 miliar dari APBD Kota Bandung. Selain itu ada tambahan hibah Rp 5 miliar dari PT Mitra.

Pengerjaan infrastruktur jalan dan pedestrian meliputi zona 1 dan zona 2. Zona 1 yaitu jalan yang paling dekat dengan Gedung Merdeka seperti Jalan Asia Afrika, Jalan Cikapundung Timur, Jalan Naripan dan Jalan Braga Pendek. Sementara di zona 2 terdiri Jalan Braga panjang, Jalan Tamblong, Jalan Lembong dan Jalan Dalem Kaum.

Proyek tersebut ditargerkan rampung pada 18 April mendatang. Pengerjaan proyek dilakukan oleh pihak ketiga melalui penunjukan langsung.


http://news.detik.com/read/2015/03/1...gedung-merdeka
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links