View Single Post
Old 19th March 2015, 05:34 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Nov 2014
Userid: 2900
Posts: 1,236
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Ski Air, Harapan Emas Danau Sunter

Quote:

Atlet pelatnas ski air SEA Games Singapura 2015 saat berlatih di Danau Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/3).
JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan raya Sunter, Jakarta Utara, Selasa (10/3), begitu ramai. Bunyi klakson yang memekakkan telinga dan asap yang mengepul dari knalpot kendaraan bermotor menjadi warna sehari-hari wilayah ini. Sementara di tepi Danau Sunter, beberapa warga asyik memancing.

Itulah kondisi yang terekam di seputar Danau Sunter, tempat dilangsungkannya pelatnas atlet ski air untuk pekan olahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games Singapura, 5-16 Juni. Di tempat ini, sebanyak 12 atlet ditempa untuk mengejar target empat medali emas yang dipasang pengurus Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI).

Bagi PSAWI, target empat emas cukup realistis. Hal itu mengacu pada pencapaian di SEA Games Jakarta/Palembang 2011 ketika tim ski air menyumbangkan empat emas.

SEA Games 2011 dijadikan acuan. Sebab, pada SEA Games 2013 di Myanmar, cabang ski air tidak dipertandingkan. Meski akan mengandalkan sebagian besar kekuatan baru untuk merebut empat emas di Singapura, pelatih kepala tim ski air Indonesia Rusdi Amir optimistis target itu akan terpenuhi.

"Kita masih cukup kuat di nomor jumping. Kita juga punya peluang di nomor trick dan slalom. Dari 11 medali emas yang diperebutkan, minimal kita bisa ambil empat emas," kata Rusdi.

Untuk mengejar target itu, PSAWI sudah mendatangkan dua pelatih asing, yakni Herman Beliakou dari Belarus dan Saiya Hirosaku dari Jepang. Keduanya akan membantu mematangkan teknik dan memberikan wawasan baru tentang gerakan-gerakan di nomor trick.

Beliakou, yang pernah menjadi juara dunia, bukan sosok yang asing bagi atlet Indonesia. Sebelumnya, dia dua kali membantu atlet-atlet Indonesia. Beliakou pun telah mengenal dan memahami karakter atlet Indonesia. Di mata para atlet, Beliakou adalah sosok yang menyenangkan karena terbuka untuk berdiskusi dan sabar membagi ilmu.

Bagi Hirosaku, ini merupakan pengalaman pertamanya melatih tim Indonesia. Hirosaku membantu atlet putri yang berjumlah lima orang.

Uji coba dalam negeri

Soal persiapan, Rusdi mengatakan, para atlet hanya punya satu kesempatan tampil di turnamen internasional, yaitu Indonesia Terbuka, yang berlangsung di Jawa Barat, 17-22 Maret. Setelah itu, mereka akan kembali menjalani pelatihan di Danau Sunter.

"Jadi, tidak ada uji coba di luar negeri. Belajar dari pengalaman sebelumnya, uji coba ke luar negeri dibutuhkan dana yang tak sedikit. Berharap dari pemerintah atau Satlak Prima rasanya tidak mungkin. Uang saku, kebutuhan buat latihan, dan peralatan saja sampai sekarang belum mereka penuhi semuanya," kata Rusdi.

Seperti kebanyakan pengurus cabang olahraga lain, PSAWI juga lebih sering mencari dana sendiri untuk memenuhi kebutuhan latihan, termasuk mendatangkan dua pelatih asing.

"Kalau kita tidak bergerak, mungkin atlet kita tidak akan bisa latihan. Yang sederhana, misalnya, kebutuhan bahan bakar Pertamax untuk speedboat. Sampai sekarang kami belum menerima dana bantuan untuk bahan bakar. Padahal, kami butuh pasokan Pertamax minimal 450 liter per hari untuk latihan," tutur Rusdi.

Untuk penginapan atlet, pengurus provinsi DKI membantu dengan menyediakan mes atlet DKI yang berada di kawasan Danau Sunter. Mereka juga memberikan bantuan kebutuhan makanan, tiga kali sehari.

Meski dengan kondisi terbatas, para atlet tidak pernah mengeluh. Mereka justru semakin terpacu untuk berlatih setiap hari yang dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 17.00.

Para atlet kian termotivasi dengan hadirnya mantan atlet ski air Indonesia Fadaud Wanaka. Peraih emas di SEA Games 2011 dari nomor slalom ini menjadi lawan tanding, instruktur, sekaligus teman diskusi. Suasana guyub yang terbangun di pelatnas Danau Sunter memberikan harapan yang menjanjikan.
sumber http://olahraga.kompas.com/read/2015...s.Danau.Sunter
agung209 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links