View Single Post
Old 19th March 2015, 09:55 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Barito Utara akan bangun satu PAUD di tiap desa

Muara Teweh (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, akan membangun satu fasilitas pendidikan anak usia dini (PAUD) di setiap desa pada 2015.

Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara Iwan Fikri di Muara Teweh, Senin, mengatakan mulai tahun ini pemerintah kabupaten akan mulai membentuk kelembagaan PAUD tahun ini.

Ia menjelaskan bahwa Kabupaten Barito Utara memiliki 103 desa dan 64 di antaranya sudah memiliki fasilitas PAUD.

Tahun depan, ia melanjutkan, pemerintah kabupaten akan membentuk kelembagaan PAUD di 39 desa yang belum memiliki PAUD dan memberikan bantuan operasional Rp10 juta untuk satu PAUD.

"Kami optimistis tahun depan semua desa sudah memilik PAUD," katanya.

Iwan mengatakan, guna mendukung program PAUD pemerintah daerah sudah menobatkan bunda-bunda PAUD.

Istri Bupati Barito Utara Sri Hidayati sebagai Bunda PAUD Barito Utara sementara para istri Camat menjadi Bunda PAUD Kecamatan dan istri kepala desa menjadi Bunda PAUD Desa.


Masalah Akses

Bupati Barito Utara Nadalsyah, yang juga Bapak PAUD, mengatakan masalah pengembangan PAUD di wilayah kerjanya sangat mendasar, masih berkaitan dengan pemerataan akses dan mutu pelayanan yang belum sesuai standar.

Data pemerintah kabupaten tahun 2013 menunjukkan, angka partisipasi kasar PAUD untuk kelompok anak usia 4-6 tahun baru mencapai 78,26 persen.

Tahun ini pemerintah menyediakan bantuan operasional untuk semua lembaga PAUD dan memberikan dana pembentukan PAUD baru untuk desa yang belum memiliki PAUD guna memperluas akses pelayanan.

"Mari kita bersama-sama memberikan sumbangan pemikiran, menyosialisasikan dan menggerakkan pelaksanaan PAUD," kata Nadalsyah.


http://www.antaranews.com/berita/465..._campaign=news
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links