View Single Post
Old 19th March 2015, 10:13 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Proyek Monorel Tak Jadi, Apa Penggantinya?

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah berencana menggantikan proyek pembangunan monorel di ibukota dengan light rail transit (LRT) atau kereta ringan. Proyek yang akan diawali dengan studi kelayakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara ini rencananya akan menghabiskan investasi hingga Rp 3,75 triliun.

"Jadi bukan monorail, tapi light train, kami diminta untuk membuat studi kelayakan," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno seusai rapat transportasi di Istana Kepresidenan, Kamis, 19 Maret 2015.

Menurut Rini, gagasan mengenai proyek ini muncul menyusul keinginan pemerintah untuk segera mewujudkan sistem transportasi dalam kota yang saling terintegrasi. Presiden Joko Widodo, kata Rini, mengingikan kereta ringan ini bisa menyambungkan Jakarta dengan kota-kota di sekitarnya.

"Misalnya Jakarta-Bogor, Jakarta-Tangerang, Jakarta-Bekasi, tapi masih dalam konteks pemikiran secara mendasar," ujarnya.

Pemerintah belum membicarakan detil mengenai lokasi pembangunan yang memungkinkan. Rini mengusulkan, pembangunan bisa terintegrasi di sebelah jalan tol atau tersambung dengan mass rapid transit (MRT). "Pokoknya ini sinergi BUMN ada Jasamarga, Wijaya Karya, Adhikarya, dan INKA, kami akan persiapkan dulu detil studinya."

Ditemui di lokasi yang sama, Direktur Utama PT Adhi Karya Kiswodarmawan mengatakan, konsep pembangunan kereta ringan ini tak akan jauh berbeda dengan konsep monorel yang juga menggunakan kereta. Bedanya, LRT cenderung lebih kecil seukuran bus. "Supaya fleksibel," ujarnya.

Kiswodarmawan menuturkan, konsep LRT ini mengacu Cina yang sudah lebih dulu mengembangkan. Di negeri tirai bambu tersebut, teknologi LRT yang digunakan berbasis bombardier. "Jadi no problem," ujarnya. Ia berharap proyek ini dijalin dengan BUMN karya lainnya.


http://www.tempo.co/read/news/2015/0...a-Penggantinya
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links