View Single Post
Old 20th March 2015, 09:40 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tangerang bangun waduk bantu petani saat kemarau

Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, membangun waduk pada tiga kecamatan untuk membantu para petani saat musim kemarau karena mereka mengandalkan air hujan untuk menanam padi.

"Itu ada solusi terbaik, rencananya waduk itu berada di Tigaraksa, Solear dan Cisoka," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, di Tangerang, Senin.

Ahmed mengatakan tim ahli sudah melakukan kajian tentang proyek pembangunan waduk itu sehingga tinggal menunggu beberapa tahapan lagi. Bahkan tiga waduk itu berada pada masing-masing kecamatan sebagai upaya untuk mengatasi kebutuhan air bagi para petani ketika kemarau tiba.

"Jika tidak turun hujan, petani resah karena tanaman padi mereka khawatir mati karena hanya mengandalkan tadah hujan," katanya.

Menurut dia, waduk itu juga dapat berfungsi sebagai tandon air bagi petani setempat serta sumber baku untuk kebutuhan air minum PDAM.

Namun pembangunan waduk itu tidak dibangun serentak karena keterbatasan anggaran yang dimiliki pemerintah setempat. Ahmed tidak menyebutkan secara terinci mengenai anggaran yang dikeluarkan untuk proyek pembangunan waduk tersebut dengan berbagai alasan tertentu.

Demikian pula pemerintah daerah tentunya harus membebaskan sebagian lahan penduduk untuk areal waduk tersebut.

Direncanakan waduk perdana dikerjakan di Kecamatan Tigaraksa karena daerah ini juga kerap banjir ketika musim hujan terutama di Desa Matagara.

Sedangkan selanjutnya proyek itu di Kecamatan Cisoka dan Solear sembari mencari lokasi yang tepat serta pembebasan lahan warga dengan harga sesuai nilai jual obyek pajak (NJOP).


http://www.antaranews.com/berita/458..._campaign=news
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links