View Single Post
Old 22nd March 2015, 08:09 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tahun 2017, Jembatan Kapuas 3 Mulai Dibangun

PONTIANAK, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berencana membangun Jembatan Kapuas III, yang menghubungkan Kabupaten Kubu Raya dengan Kabupaten Mempawah. Pembangunan ini merupakan lanjutan rencana Jalan Lingkar Luar (Outer Ring Road).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jembatan penting karena Kalimantan memiliki banyak sungai besar dan panjang. Jembatan juga berfungsi menghubungkan daerah-daerah pelosok dengan kota.

"Jembatan panjang di Kalimantan, perlu dibangun. Kalau tidak, kendaraan bisa menumpuk," ujar Basuki kepada Kompas.com setelah acara Hari Ulang Tahun Realestat Indonesia (REI) yang ke-43 di Hotel Aston, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (21/3/2015).

Menurut Basuki, Jembatan Kapuas III masih dalam proses desain. Diperkirakan, pembangunan baru dimulai pada 2017. Jembatan ini nantinya akan membentang sepanjang lebih dari dua kilometer. Biaya pembangunannya mencapai hampir Rp 1 triliun.

Dalam pembangunannya, Pemprov bertugas membebaskan lahan, sementara pemerintah pusat akan membangun infrastruktur fisiknya. Sebelum Kapuas III, terdapat Jembatan Tayan yang menghubungkan Tayan dan Sanggau di Kabupaten Sanggau.

Selain itu, pemerintah juga akan membangun Jembatan Sambas yang membentang dari Tanjung Datuk sampai Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Kabupaten Sambas sendiri merupakan daerah sentra produksi padi di Kalimantan Barat karena produksinya mencapai 24,82 persen dari total produksi provinsi. Letaknya yang masih terpelosok, membuat daerah ini kurang berkembang.


http://properti.kompas.com/read/2015...Mulai.Dibangun
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links