View Single Post
Old 23rd March 2015, 08:51 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Ingin Kuliah tapi Gaji Selalu Habis

Quote:
SAYA seorang staf admin di salah satu perusahaan perdagangan, jarak kantor ke rumah saya bisa ditempuh dengan jalan kaki selama kurang dari 30 menit. Saya ingin menabung untuk kuliah tetapi karena saya tidak pandai mengatur keuangan, uang gajian saya selalu saja habis tidak ada tabungan.

Gaji saya tiap bulannya Rp2.500.000, dan saya tinggal (dengan) mengontrak per tahun Rp5.000.000 dan biaya listrik per bulan Rp150.000

Bagaimana cara agar saya bisa mengatur keuangan saya dengan baik dan dapat menabung untuk kuliah.

Terima kasih.

Nur



Jawab:

Apa kabar mbak Nur?

Kemampuan untuk mengatur keuangan perlu dimiliki oleh setiap orang, apalagi nantinya jika sudah berkeluarga pengaturannya akan lebih sulit karena kebutuhan akan lebih banyak dibandingkan untuk diri sendiri.

Sebenarnya hal ini tidak sulit, asal kita bisa memisahkan antara kebutuhan dan keinginan, serta disiplin dalam menjalankannya. Pertama buat daftar kebutuhan Anda per bulan, seperti : makan, transport, hiburan, bayaran rutin ( listrik, pulsa, iuran dll), cicilan hutang, kontrakan, dst.

Adakah dana yang tersisa? Jika tidak, maka Anda harus menyesuaikan kembali daftar tadi.

Masukkan tabungan sebesar 10 persen gaji ke dalam daftar kebutuhan. Sisihkan juga dana Rp250 ribu per bulan untuk ditabung untuk pembayaran kontrak rumah. Sisanya Rp2 juta digunakan untuk biaya hidup sehari-hari. Mungkin awalnya akan terasa berat, tetapi selanjutnya Anda akan terbiasa.

Masukkan dana untuk biaya kontrak & tabungan ke dalam rekening terpisah dari dana untuk biaya hidup sehari-hari. Hal ini untuk menghindari tercampurnya dana tersebut.

Semoga sukses.

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links