View Single Post
Old 23rd March 2015, 04:14 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Rehabilitasi Tangkapan Air Waduk Jatigede Butuh Rp 1,1 Triliun

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pembangunan infrastruktur waduk Jatigede, dinilai belum cukup karena daerah tangkapan airnya harus diperhatikan. Untuk merehabilitasi daerah tersebut, dibutuhkan anggaran mencapai Rp 1,1 triliun.

"Saya sudah menghitung, hitungannya kita butuh dana Rp 1,1 triliun untuk rehabilitasi daerah tangkapan air di Jatigede, rinciannya ada. Itu, harus dilakukan karena butuh waktu dua sampai tiga tahun," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Jabar, Denny Juanda, Senin (23/3) .

Denny mengatakan, pembangunan Waduk Jatigede dilakukan karena manfaatnya banyak. Di antaranya, air untuk irigasi, mengatasi banjir, suplai air baku, dan pembangkit listrik. Dana sebesar Rp 1,1 triliun tersebut dibutuhkan hanya untuk mengatasi masalah vegetatifnya.

"Ini sering terlupakan, kalau fisik banyak. Solusi hulu dan hilir itu butuh Rp 1 triliun. Itu juga hanya yang airnya dibendung oleh Jatigede," katanya.

Menurut Denny, pemerintah sering mengedepankan pembangunan struktural. Padahal, debit air sebuah waduk berurusan dengan alam. Nantinya, yang menggarkan dana untuk daerah aliran sungai Cimanuk pusat. "Tapi gubernur pun komit menghijaukan jadi ga kayak Jati luhur nantinya," katanya.


http://nasional.republika.co.id/beri...-rp-11-triliun
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links