View Single Post
Old 26th November 2012, 02:15 AM   #1
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Ini Dia Kapal Selam Andalan Indonesia ChangBoGo DSME itu

Indonesia-Korea Selatan Produksi Bersama Kapal Selam

Wednesday, 29 August 2012 19:08 Pambudidoyo


itoday - Jakarta Indonesia tengah melakukan produksi bersama kapal selam dengan Korea Selatan. Dengan demikian, diharapkan Indonesia mampu membuat kapal selam sendiri di masa mendatang.

"Kita sedang bangun tiga kapal selam dengan Korea Selatan. Nantinya, transfer teknologi itu mampu membuat Indonesia, untuk membuat kapal selam sendiri," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro, saat jumpa pers di Gedung Kemenhan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (29/8).

Purnomo menjelaskan sampai saat Indonesia belum mampu membuat kapal selam karena keterbatasan SDM dan infrastruktur. Pembelian kapal selam dengan Korea Selatan, dilakukan karena kedua negara sepakat untuk melakukan transfer teknologi.

"Oleh karena itu diharapkan proses transfer teknologi ini dapat dilakukan, sehingga nantinya PT PAL dapat membuat kapal selam bahkan membuat pusat maintenance dan overhaul sendiri di Indonesia," sambungnya.

Sementara itu, Kapuskom Kemenhan Brijend TNI Hartind Asrind menjelaskan, tigakapal selam yang akan dibeli dari Korea Selatan, akan datang secara bertahap. Kapal selam pertama akan hadir pada tahun 2015, kedua akan hadir 2016 dan ketiga akan hadir 2018.

"Untuk tahap dua dan tahap tiga, kapal selam itu dilakukan dengan joint production. Total ketiga kapal selam itu seharga USD 1,07 miliar," terangnya.

Indonesia sendiri membeli tiga unit kapal selam Chang Bogo Class dari Korea Selatan, yang merupakan lisensi kapal selam U-209 buatan Jerman.*


Read more about Chang by www.itoday.co.id
http://www.itoday.co.id/politik/indo...ma-kapal-selam



admin is offline   Reply With Quote
Sponsored Links