View Single Post
Old 24th March 2015, 09:11 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Dipengaruhi Kondisi Global, Bukti Ekonomi RI Belum Baik

Quote:
JAKARTA - Perekonomian fundamental Indonesia dianggap belum cukup baik. Hal ini dikarenakan kondisi nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih dipengaruhi oleh faktor global.

"Faktanya fundamental kita ini masih jelek. Makanya kenapa menguat dan melemahnya itu terpengaruh sama kondisi global," ujar Pengamat dari Management and Economics Development Studies (Mecode studies) Mangasa Augustunisnus Sipahutar kepada Okezone, Selasa (24/3/2015).

Sebelumnya, pemerintah memang selalu menekankan bahwa fundamental di Indonesia sudah cukup baik. Namun, pelemahan kurs Rupiah yang terjadi secara terus menerus diakibatkan adanya faktor eksternal yakni kondisi perekonomian AS yang sangat baik.

"Katanya fundamental kita bagus, kalau bagus ya seharusnya kondisi eksternal ini tidak akan berpengaruh sama kita," tandas dia.

Mangasa menambahkan, posisi pertumbuhan perekonomian Indonesia sangat kecil jika dibandingkan seluruh perekonomian dunia. Oleh sebab itu, perlu penjagaan khusus untuk mengatasi pelemahan Rupiah.

"Nah yang jadi pertanyaan saya, fundamental kita kuatnya itu dimana. Kan posisi kita ini kecil dari seluruh ekonomi dunia," tandas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links