View Single Post
Old 25th March 2015, 11:45 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Nov 2014
Userid: 2900
Posts: 1,236
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Tim Balap Sepeda Kembali Diseleksi

JAKARTA, KOMPAS.com Meski dibilang terlambat menggelar pemusatan latihan nasional SEA Games 2015, cabang balap sepeda berhasil menyeleksi sejumlah atlet untuk masuk dalam tim inti. Pelatihan dengan program tepat membuat para pebalap berperforma meyakinkan.

Anggota tim seleksi Satlak Prima Paulus Pasurney, Selasa (24/3), di Jakarta, mengatakan, seleksi tim balap sepeda, Senin, digelar dengan melombakan nomor individual time trial (ITT) di jalan lintas selatan Congot, Kulon Progo, Yogyakarta. "Atlet putri menempuh jarak 15 kilometer dan putra menempuh jarak 30 kilometer," ujar Paulus.

Timnas balap sepeda terlambat dibentuk karena adanya konflik dalam induk organisasi cabang, PB ISSI. Namun, Paulus tidak khawatir karena timnas diisi para pebalap elite yang sudah terbiasa menyiapkan diri, termasuk dengan mengikuti kompetisi bersama tim masing-masing.

Ini karena sebagian dari anggota timnas ialah pebalap anggota tim divisi III yang memiliki jadwal kompetisi padat. Hal itu memungkinkan performa atlet selalu terjaga untuk turun di kompetisi.

"Dalam sebulan ini, pelatih menyiapkan program latihan sesuai nomor-nomor lomba di Singapura, yaitu nomor satu hari balapan (one day race). Dengan demikian, persiapan atlet pun terdukung," tutur Paulus.

Dengan nomor-nomor lomba satu hari balapan, seperti ITT, kriterium, dan jalan raya, tim pelatih mengisi para pebalap dengan latihan daya tahan. Mereka melahap jarak 700-800 kilometer per minggu. "Daya tahan mereka sudah terbentuk. Tim pelatih tinggal menambah power atau tenaga," ujar Paulus.

Dengan program latihan yang tepat selama sebulan ini, para pebalap mencapai kecepatan awal yang ditargetkan tim pelatih. Para pebalap putra memiliki kecepatan rata-rata 45-46 kilometer per jam. Adapun pebalap putri memiliki kecepatan 38-40 kilometer per jam.

Sesuai nomor lomba, tim inti balap sepeda akan terdiri dari enam pebalap putra dan dua pebalap putri. Pelatih akan memfokuskan latihan atlet ke nomor-nomor spesialisasi mereka.

Hario Tilarso, dokter olahraga yang menyertai seleksi, menjelaskan, dibandingkan saat seleksi tim, Januari lalu, saat ini pebalap memiliki fisik dan performa yang makin baik. "Mereka memiliki kemajuan fisik dan performa. Secara mental, mereka juga amat baik. Ada harapan dari tim balap sepeda," kata Hario.
sumber http://olahraga.kompas.com/read/2015...bali.Diseleksi
agung209 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links