View Single Post
Old 27th March 2015, 09:34 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Jelang KAA, Pemprov DKI kebut perbaikan jalan Sudirman dan Thamrin

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika pada 19-23 April 2015.

Oleh sebab itu, Dinas Bina Marga DKI Jakarta menargetkan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin menjadi mulus untuk bisa dilalui para delegasi KTT Asia-Afrika.

Kepala Bidang Pemeliharaan Dinas Bina Marga DKI Jakarta Suko Wibowo mengatakan, Pemprov DKI Jakarta menargetkan perbaikan kedua jalan tersebut maksimal pada 10 April. Untuk memperlancar upaya tersebut, perbaikan jalan juga berkoordinasi dengan PT Mass Rapid Transid (MRT).

"Kami akan perbaiki jalan-jalan yang akan dilintasi tamu negara KTT Asia-Afrika. Untuk jalan yang kewenangannya pada MRT sudah kami koordinasikan dengan MRT. Sedangkan, untuk yang berada di wewenang kami, akan kami koordinasikan dengan Sudin Bina Marga di lima wilayah," katanya saat dihubungi, Rabu (25/3).

Rencananya, Pemprov DKI Jakarta akan memperbaiki, Jalan Merdeka Utara, Jalan MH Thamrin, Jalan Sudirman, Jalan Gatot Subroto, Jalan Rasuna Said dan kawasan Lapangan Banteng. Dia menjelaskan, ruas jalan yang akan diperbaiki termasuk akses menuju 18 hotel yang akan digunakan para tamu negara.

"Perbaikan yang dilakukan hanya untuk menutup lubang-lubang. Karena kalau kami perbaiki permanen akan berbenturan dengan proyek MRT. Perbaikan sudah dimulai sejak seminggu lalu dan ditargetkan selesai 10 April," terangnya.

Perbaikan juga dilakukan kepada fasilitas penunjang lainnya, seperti lampu hias dan taman. Untuk anggaran perbaikan jalan, Pemprov DKI Jakarta akan menggunakan strategi tertentu.

"Anggaran untuk pemeliharaan jalan di Dinas Bina Marga untuk tahun ini dialokasikan Rp 60 miliar untuk satu tahun. Kami gunakan anggaran mendahului sebelum anggaran kita disahkan sesuai Pergub 211 tentang pengerjaan mendahului sebelum anggaran disahkan," tutup Suko.

Sebelumnya, Deputi Gubernur DKI Jakarta bidang Kebudayaan dan Pariwisata Sylviana Murni mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah berkomunikasi dengan kementerian terkait mengenai persiapan ini. Salah satu yang diminta adalah tidak adanya jalan berlubang sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

"Intinya kami sangat support, antara lain kami menyanggupi permintaan agar sepanjang Jalan Thamrin sampai Sudirman itu mulus, tidak ada lubang," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (24/3).

Namun, dia mengungkapkan, rencana perbaikan ini akan terkendala pembangunan Mass Rapid Transid (MRT) yang berada di tengah kedua jalan tersebut. Sehingga akan sulit jika memastikan jalan mulus 100 persen.

"Memang tidak bisa mulus 100 persen. Karena sedang ada juga pembangunan MRt. Dinas Bina Marga akan berkoordinasi dengan pihak MRT. Paling tidak jangan sampai ada lubang di jalan," tegasnya.

Kemudian, Sylvia menambahkan, PT MRT juga diminta untuk mempercantik jalan dengan memasang gambar-gambar terkait KTT Asia-Afrika pada papan penutup pembangunan. Bahkan PT MRT telah menyatakan sepakat dengan usulan tersebut.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan 18 hotel untuk menjamu tamu undangan Internasional ini. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta Dinas Perhubungan dan Transportasi juga akan melayani tamu-tamu ini.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga akan melibatkan beberapa siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam perhelatan ini. Dan rencana ini telah dikoordinasikan dengan Kementerian Luar Negeri.

"Ini tetap tidak boleh mengganggu waktu belajar mereka. Mereka akan datang ke JCC pada saat Summit Meeting dengan membawa bendera dari negara delegasi KTT Asia-Afrika dan bendera Indonesia," tutup Sylvia.


http://www.merdeka.com/jakarta/jelan...n-thamrin.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links