View Single Post
Old 28th March 2015, 08:14 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Biaya Pemeliharaan Hak Cipta & Paten Dibebaskan selama 5 Tahun

Quote:
JAKARTA - Demi mendorong pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI) akan membebaskan biaya pemeliharaan hak cipta dan paten selama 5 tahun pertama sejak pertama kali didaftarkan.

Direktur Jenderal HKI Kementerian Hukum dan HAM Ahmad M.Ramli mengatakan, Hak Cipta atas Kekayaan Intelektual adalah kunci utama dalam kegiatan Ekonomi Kreatif. Oleh karena itu pemerintah akan memberikan dukungan dalam bentuk insentif.

"Dalam rangka mendukung dan menstimulus karya cipta masyarakat kreatif, produktifitas penelitian universitas, sekolah dan UKM, Dirjen HKI dan HAM memberikan insentif pembebasan biaya pemeliharan hak cipta dan paten selama 5 tahun pertama sejak pertama kali didaftarkan di Dirjen HKI," ujar Ramli dilansir dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/3/2015).

Menurutnya, finansial merupakan salah satu masalah yang krusial bagi pelaku ekonomi kreatif. Selain memberikan insentif tersebut, pemerintah juga akan menyusun peraturan dimana hak cipta dapat dijadikan jaminan dalam pengajuan dan pengambilan pembiayaan di lembaga perbankan dan nonbank.

Jaminan tersebut sebagai jaminan Fiduciare Eigendom Overdracht (F.E.O.)/ Fiduciary Transfer of Ownership yaitu penyerahan hak milik secara kepercayaan seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia, adapun hak cipta dimasukan dalam kategori benda bergerak.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links