View Single Post
Old 29th March 2015, 10:07 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Izin Impor Malah Keluar Saat Panen Raya

Quote:
SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat Inpres nomor 5/2015 memberikan izin impor beras. Namun, kebijakan tersebut menuai protes, karena dianggap menguntungkan tengkulak.

Pengamat Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, Suntoro Wongso Admojo, mengatakan dalam salah satu diktum pada Inpres memang ada angin segar bagi petani bahwa pembelian gabah beras oleh perum Bulog berasal dari pembelian gabah beras milik petani. Namun pada diktum lainnya, justru memberbolehkan impor beras dari negara lain.

"Keluarnya inpres ini tidak memikirkan psikologis petani. Momentnya tidak pas. Kenapa Inpres baru keluar saat petani akan panen raya," kata dia saat ditemui Okezone di di UNS, Solo, Jawa Tengah.

Dia melanjutkan, Kepengurusan impor beras tersebut memang diberikan kepada Perum Bulog. Namun, tidak menutup kemungkinan munculnya importir-importir lain di luar Bulog yang ingin memanfaatkan situasi.

Di satu sisi pemerintah ingin mendorong swasembada pangan, dan mengangkat kesejahteraan dan pemberdayaan petani. "Toh semisal impor beras itu di tujukan pada satu wilayah tertentu, tetap saja akan tetap menggoyangkan dari pada pasar," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links