View Single Post
Old 29th March 2015, 10:10 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 10 Hal yang Membuat Kapok Pelanggan

Quote:
JAKARTA Semua pebisnis menginginkan pelanggannya terus berdatangan dan tidak kapok untuk membeli produk. Namun hal ini tak segampang membalikkan telapak tangan.

Namun, perlu mempelajari cara untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan dengan meninjau hal-hal yang dapat membuat Anda kehilangan pelanggan. Di bawah ini merupakan daftar yang bisa membuat pelanggan kapok, seperti dilansir dalam artikel berjudul The Top 10 Ways to Lose Customer oleh Susan Ward, Minggu (29/3/2015).

1. Staf yang kurang terlatih

Pelanggan memiliki harapan bahwa staf di sebuah gerai atau toko akan memiliki pengetahuan memadai tentang produk yang mereka jual. Hal ini diperlukan karena pelanggan akan banyak bertanya dan berkonsultasi tentang produk, seperti apa yang sebaiknya mereka beli di tempat tersebut.

Jika bisnis Anda menjual produk yang harus melibatkan interaksi antara pelanggan dan staf, maka sebaiknya Anda melatih karyawan agar pengetahuannya terus bertambah.

2. Membatasi jam operasional

Bisnis dapat kehilangan pelanggan dan tentu saja uang hanya saja karena jam operasi yang terbatas. Padahal jam operasional yang lebih panjang, dapat membuat pelanggan datang karena mungkin tidak semua memiliki jam operasional yang panjang. Anda harus konsisten terhadap jam operasional sehingga pelanggan tidak kecewa.

3. Tidak terlihat profesional

Profesional merupakan kunci sukses untuk membuat pelanggan tidak lari dari Anda. Profesional ini mencakup dua hal yaitu profesional perilaku dan penampilan.

Pegawai berseragam, akan membuat sebuah bisnis nampak profesional, misal pemakaian celemek pada karyawan di suatu restoran, pemakaian baju seragam pada sebuah toko ritel, dan lain-lain.

Tak hanya itu, perilaku profesional juga perlu ditunjukkan. Sebab, citra bisnis bukan hanya tentang penampilan semata.

4. Sulitnya akses berbisnis dengan Anda

Bisnis yang tidak memudahkan akses para pelanggan akan membuat mereka tidak ingin kembali lagi pada Anda. Misalnya, sulit bagi pelanggan untuk menghubungi Anda, lokasi bisnis yang jauh dan sulit ditempuh, bisnis ritel yang hanya menerima pembayaran uang tunai, dan lain sebagainya.

5. Pelanggan kesulitan menukar produk

Sulitnya pelanggan dalam mengembalikan barang-barang menjadi salah satu poin yang memperburuk pengalaman mereka. Pelanggan perlu mendapat kesempatan untuk dapat mengembalikan barang yang mereka beli jika tidak sesuai dengan harapan pada jangka waktu tertentu. Hal ini akan membuat mereka merasa puas dan akan kembali lagi pada Anda untuk melakukan transaksi bisnis kembali.

6. Menjual produk berkualitas buruk

Menjual produk yang jelek sudah pasti akan membuat pelanggan merasa tidak puas dan tidak akan kembali lagi pada Anda meskipun barang-barang tersebut dijual dengan harga murah.

7. Menjadi tidak responsif

Menjadi tidak responsif terkadang merupakan sikap yang dapat dimaafkan pelanggan seperti mengabaikan telepon atau bahkan keinginan pelanggan. Namun, hal ini akan membuat mereka tidak nyaman dan pada akhirnya tidak mau lagi kembali berbisnis dengan Anda.

Jika Anda tidak sanggup bersikap responsif untuk menjawab panggilan atau sekedar membalas SMS pelanggan, sebaiknya Anda perlu bantuan dengan mempekerjakan orang lain.

8. Membuat pelanggan merasa tidak penting

Membuat pelanggan merasa tidak penting bahkan lebih tak dapat dimaafkan lagi dalam pandangan pelanggan. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan untuk dianggap penting terhadap apa yang mereka lakukan dan katakan.

Untuk berhasil di layanan pelanggan, Anda perlu membuat setiap pelanggan merasa istimewa. Perlakukanlah pelanggan dengan cara Anda memperlakukan orang paling penting di dalam hidup Anda.

9. Berbohong

Berbohong merupakan cara ampuh untuk menyingkirkan pelanggan dalam bisnis Anda. Mereka tidak akan sepenuhnya mempercayai Anda untuk memenuhi janji kedua kalinya. Selain itu, tidak ada harapan mereka akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

10. Membuat pelanggan merasa dicurangi

Hal yang paling tidak dapat dimaafkan oleh pelanggan adalah membuat mereka merasa dicurangi. Cobalah untuk bersikap adil dan jujur terhadap apa yang Anda jual kepada mereka.

Rahasia sebenarnya dari layanan pelanggan yang baik adalah bahwa tidak ada rahasia antara Anda dan pelanggan. Barang-barang berkualitas, penawaran dan jasa dengan harga yang adil dan memperlakukan pelanggan dengan cara yang istimewa akan membuat mereka dengan senang hati kembali melakukan bisnis dengan Anda.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links