View Single Post
Old 30th March 2015, 12:59 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Berantas Illegal Fishing, TNI AL Keluhkan Minimnya Kapal & Pesawat

Quote:
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti terus berupaya memberantas praktik nakal pencurian ikan atau disebut illegal unreported and unregulated fishing (IUU). Praktik tersebut membuat kerugian dari sumber daya alam (SDA) kekayaan laut mencapai Rp300 triliun.
Asisten Operasi KSAL Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan menyatakan, memang dibutuhkan sinergitas yang kuat dalam menegakan peraturan hukum di laut Indonesia. Namun di luar tersebut, pihaknya mengaku ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penegakan hukum memberantas praktik IUU.

"Yang pertama, kurangnya ketersediaan kapal maupun pesawat terbang untuk menjangkau luasnya laut Indonesia," ucap Didit di depan Susi dalam acara Penguatan Penegakan Hukum untuk Menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia di Gedung KKP, Senin (30/3/2015).

Selain itu, Didit mengungkapkan bahwa, dibutuhkan pasokan bahan bakar yang memadai. Akan percuma jika memiliki armada yang kuat, namun Indonesia masih kekurangan bahan bakar. Terlebih saat ini masih ketergantungan impor BBM.

"Lalu faktor alam, seperti badai, kabut dan sebagainya yang menyulitkan pencarian illegal fishing," imbuhnya.

Lanjut Didit mengungkapkan, masalah lainnya adalah belum adanya kerjasama antara instansi yang berkepentingan untuk mengatasi illegal fishing.

"Belum tereintegrasi dalam hal ini. Dibutuhkan kerjasama. Langkah yang bisa perlu dilakukan adalah menggunakan pendekatan kolaboratif, yakni perlu peranan KKP, TNI dan Polri karena bersifat heterogen," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links