View Single Post
Old 31st March 2015, 08:53 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Menteri Marwan janji bangun wilayah pedesaan dan pinggiran

Merdeka.com - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), menggelar Rakornas. Kegiatan ini untuk sinkronisasi sejumlah aspek pembangunan di wilayah pedesaan, guna mempersempit jurang kesenjangan sosial terutama pada mereka yang tinggal di pelosok pedesaan.

"Melalui rakornas ini, kita akan membangun kesadaran mengenai pentingnya keselarasan pembangunan di tiga sektor, yaitu urusan wilayah pedesaan, pembangunan daerah tertinggal dan masalah transmigrasi," kata Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, dalam sambutannya di Wisma Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (31/3).

"Karena seharusnya, pelaksanaan pembangunan di tiga sektor tersebut semestinya memang dilakukan dalam satu tarikan napas," katanya menambahkan.

Marwan mengatakan, pembangunan di tiga sektor pedesaan itu akan memberi perhatian ekstra, pada sejumlah sektor penggerak utama di wilayah pedesaan pada umumnya.

Dirinya mengaku, pembangunan dan pengurangan kesenjangan sosial di wilayah pedesaan ini, merupakan amanah dari Nawacita yang menjadi plafon utama pemerintahan Jokowi-JK, dan menjadi tanggung jawab kementerian yang dipimpinnya tersebut.

"Pembangunan di wilayah pedesaan ini akan kita fokuskan pada sektor-sektor yang menjadi 'prime mover' di wilayah-wilayah pedesaan, seperti pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan. Hal ini memang sudah menjadi komitmen pemerintah dalam konteks pembangunan nasional sesuai Nawacita, yakni membangun dari pinggiran," ujar Marwan.

Turut hadir dalam rakornas ini, sejumlah perangkat pendukung program pedesaan, mulai dari para Gubernur se-Indonesia, Bupati dan Walikota se-Indonesia, Kepala Bappeda Provinsi dan Kabupaten, Kepala BMPD Provinsi dan Kabupaten, Perwakilan negara sahabat (Jepang, Korea, dan Australia), ILO, FAO, World Bank, serta sejumlah NGO yang turut diundang dalam rakornas tersebut.

Di akhir acara pembukaan, musisi lawas Tanah Air, Iwan Fals, yang dijadikan mitra Kemendes PDTT, memberikan motivasi pada masyarakat pedesaan guna membangun dan mengembangkan daerahnya.


http://www.merdeka.com/peristiwa/men...pinggiran.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links